10 Timmyness IDN Media untuk Mengelola SDM Unggul

Senin, 30 November 2020

 


Apa yang ibu harapkan jika sudah diterima di kantor ini? 

 

11 tahun lalu, saya ditanya kalimat di atas oleh kepala kantor saat sesi wawancara. Saat itu saya nggak bisa menjawabnya dengan cerdas. Jawaban saya simpel. Ya, saya hanya ingin membuat anak-anak suka bahasa Inggris dengan metode belajar yang menyenangkan. 

Pak Bos tersenyum. Saya deg-degan karena takut jawabannya salah. Lebih takut lagi jika saya tidak lolos wawancara. Hahaa

Tetapi 5 menit kemudian Pak Bos justru membuat saya kaget. Saya diterima katanya. Namun saya harus tahu terlebih dahulu apa saja nilai-nilai perusahaan yang yang harus saya junjung dan taati.

Ini menarik. Sebab ternyata tempat bekerja kali ini berbeda. Saya mencium aturan-aturan yang lumayan ketat untuk menaikkan kualitas karyawannya.

Terbukti, belum sampai 1 tahun saya bergabung di sana sebagai tenaga kontrak. Sungguh banyak ilmu dan kebiasaan baru yang mengubah diri saya. Secara tidak langsung, saya belajar banyak menjadi sosok karyawan sekaligus tentor yang disukai anak-anak. 

Pentingnya Nilai-Nilai Perusahaan untuk Mengelola SDM Unggul 


Mungkin sebagai karyawan kita berpikir bahwa nilai-nilai perusahaan yang dibuat tidaklah penting. Bahkan pikiran kita cenderung pada nilai-nilai tersebut yang bisa dilanggar seenaknya. 

Tapi tahukah, jika nilai-nilai yang sudah dibuat oleh perusahaan tersebut merupakan salah satu indikator apakah perusahaan tersebut dalam keadaan sehat atau tidak? 

Nilai perusahaan dijadikan pijakan perusahaan dalam membentuk sistem, proses, kebijakan serta strategi dalam menjalankan perusahaan. Oleh karena itu, antara founder perusahaan dan karyawan harus saling bekerja sama. Nah, apakah mudah?

Tentu saja tidak. Bukanlah hal mudah menanamkan nilai-nilai perusahaan kepada karyawan dalam jangka waktu yang singkat. Karena para karyawan juga butuh membiasakan agar bisa tercapai tujuan bersama. 

Maka dari sinilah bisa dimunculkan alasan kenapa pengaplikasian nilai perusahaan itu penting untuk mengelola kualitas SDM. Yuk, simak! 

  • Agar mampu menciptakan budaya perusahaan yang baik dan berkualitas
  • Agar SDM lebih mudah untuk dikelola
  • Menumbuhkan nilai-nilai perusahaan dalam diri karyawan sampai mneghasilkan loyalitas 
  • Melancarkan strategi perusahaan dalam pengelolaan SDM dan lain-lain

10 Timmyness IDN Media yang Bisa Diterapkan di Dunia Blogging


Pernah mendengar IDN Media?

Nama ini saya dengar sekaligus ketahui saat saya mencari artikel parenting di popmama.com, yang ternyata merupakan salah satu lini platform dari IDN Media. 

IDN Media sendiri adalah sebuah perusahaan media berbasis teknologi dan platform konten yang difokuskan untuk generasi milenial di Indonesia menanamkan nilai-nilai penting yang dijadikan aturan untuk para SDM, yakni disebut Timmyness IDN Media. 

Maka tak heran sejak didirikan pada 8 Juni 2014 di Surabaya oleh Winston Utomo, Founder dan CEO IDN Media, telah memiliki 1 juta komunitas penulis dari seluruh Indonesia sekligus 50 juta pembaca setiap bulannya. 

Timmyness memang menjadi bagian penting dari IDN Media sebagai pedoman bekerja para Timmy. Tetapi Anda juga perlu tahu bahwa Timmyness juga memberlakukan nilai-nilai penting tersebut pada mereka yang bekerja dengan ketulusan sebagai penggerak untuk kehidupan lebih baik. 

diharapkan dapat membaktikan ketulusan kerjanya bagi masyarakat Indonesia dengan mendemokrasikan informasi. 
Nah, penasaran apa saja Timmyness dari IDN MEDIA yang digunaka sebagai acuan dalam meningkatkan kualitas  para Timmy? Simak ulasan 10 Timmyness IDN Media berikut!

1. Membawa Kreativitas, Ketulusan dan Semangat dalam Bekerja


Tiga kunci utama yang harus dipegang oleh Timmy IDN Media, yakni Creativity, Sincerity dan passion. 


Dalam dunia kerja, kreativitas ibarat bahan bakar utama bagi seseorang dalam berkarya. Terutama bagi  mereka yang bekerja di bidang media.


Tidak lelah untuk upgrade diri supaya tidak tertinggal dengan yang lain. Juga harus dipastikan kreativitas dikaitkan dengan passion yang disukai. 


Selain itu,k orang kreatif dibutuhkan media karena mereka memiliki banyak ide. Ide tersebut bisa didapatkan jika ia  memiliki jiwa yang kritis dan pengetahuan yang luas. Namun, hal ini hanya dapat diperoleh melalui semangat ketekunan: mulai dari membaca, berbagi pengalaman, hingga mengikuti pelatihan.

 
Dan jangan lupa, Sincerity atau ketulusan juga dibutuhkan. Ketulusan akan membuahkan hasil maksimal atas pekerjaan kita. Sebaliknya, jika tidak tulus maka pekerjaan tersebut akan sangat melelahkan. 


2. Berkomunikasi dengan Benar dan Bertindak secara Etis


Kunci kedua yang wajib dikenali para Timmy IDN Media adalah communicating properly and acting ethically yang mana dalam sebuah tim mau tidak mau akan menimbulkan opini beragam. Seiring dengan hal itu, tidak menutup kemungkinan akan terjadi konflik, baik internal maupun eksternal. 

Untuk itu, komunikasi yang baik bisa dijadikan penentu dalam keberhasilan sebuah tim. 

Tujuannya tidak hanya agar dapat bekerja secara kolaboratif antar anggota internal, IDN Media juga menetapkan Timmyness nomor 2 sebagai pedoman bagi para Timmy untuk berkomunikasi dengan orang lain, siapapun itu. 

3. Berkembang di tengah ambiguitas dan perubahan yang dinamis


Perubahan adalah suatu hal tak terhindarkan. Untuk dapat bertahan, kita harus terus beradaptasi, mengikuti tiap perubahan yang ada. “Hanya mereka yang mau beradaptasilah  yang bisa bertahan. Itu mutlak, tak bisa ditawar,” tegas Winston.  

Dalam rangka menjadi sustainable, IDN Media berupaya untuk terus melakukan inovasi agar mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Melalui Timmyness nomor 3, IDN Media mengajak para Timmy agar tak takut menghadapi perubahan di lingkungan kerja yang begitu dinamis. Sebaliknya, dengan Timmyness nomor 3 ini, Timmy diharapkan berani mengambil segala risiko yang ada agar proses adaptasi di lingkungan kerja pun dapat terlewati dengan sukses.


4. Bersikap aktif dan
kolaboratif, bukan kompetitif


IDN Media meyakini bahwa sikap kolaboratif merupakan salah satu hal lain yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Melalui sikap kolaboratif, setiap individu dalam tim akan memiliki kesadaran untuk saling membantu dan mendukung. Dengan demikian, efektivitas dan efisiensi suatu pekerjaan pun akan lebih terjamin.

Dengan Timmyness nomor 4, IDN Media mendorong para Timmy agar mau bekerja sama  secara aktif dan kolaboratif. “Saya rasa, kompetitif itu sudah out-of-date. Kita malah harus terus berupaya untuk meminimalisasi adanya persaingan tak sehat. Harus diingat bahwa persaingan juga bisa jadi salah satu akar dari perpecahan,” kata Winston.


5.  Menghargai perbedaan


Perbedaan etnis, agama, perspektif, dan daerah asal merupakan hal yang telah
menjadi ciri khas Indonesia dan tidak dapat dihindari. Pada kenyataannya, semboyan
kebanggaan Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, pun lahir dari perbedaan-perbedaan ini.

Memiliki arti berbeda tetapi tetap satu jua, semboyan ini menjadi salah satu hal fundamental yang dilestarikan oleh IDN Media.

“Diversity is beautiful, it always is. IDN Media terus berupaya agar dapat menjadi workplace yang ramah bagi siapa saja, apapun latar belakangnya: dari mana asalmu, apa warna kulitmu, agamamu. Namun, bagaimana pun, diversity saja tak cukup. Ini harus diimbangi  dengan keterlibatan, kultur yang inklusif,” Winston menjelaskan.


6. Maintaining a positive attitude even when things do not go one’s way (Mempertahankan sikap positif, bahkan ketika sesuatu tak berjalan sesuai dengan harapan)


Dalam menjalani rutinitas sehari-hari, kita seringkali dihadapkan pada hal-hal yang terjadi di  luar rencana kita. Tetap berpikiran positif dalam menyikapi hal-hal yang tidak sesuai ekspektasi kita tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. 

Padahal bila menyalahkan keadaan pun, produktivitas kinerja kitalah yang malah akan terancam.

IDN Media mencoba untuk mengubah pola pikir ini melalui Timmyness nomor 6. “Dengan bersikap positif dalam keadaan apapun, seseorang juga akan memberikan positive vibe ke  orang-orang yang ia jumpai. Di sisi lain, bila orang tersebut terlalu banyak mengeluh, mudah menyerah, ia juga akan memberi dampak kurang baik bagi orang-orang di
sekitarnya,” ucap Winston.


7. Membantu rekan kerja demi kepentingan kelompok)


Dalam mencapai tujuan utamanya, suatu tim tentu tidak akan pernah bisa bekerja sendirian.

Dalam olahraga sepak bola dan basket, misalnya, setiap anggota harus mampu
berkoordinasi dan bekerja sama agar dapat mencetak gol atau poin. Poin ke-7 Timmyness ini mengajak Timmy untuk saling mendukung dan menolong hingga kesuksesan tim tersebut dapat tercapai.


8. Memuji rekan kerja saat mereka sukses dan membantu mereka saat mereka membutuhkannya


Apresiasi merupakan suatu bentuk penghargaan dari seseorang terhadap orang lain. Hal tersebut dapat disampaikan melalui kritik, saran, ataupun pujian. 

Namun sayangnya, banyak orang lupa untuk membiasakan diri dengan sikap apresiatif terhadap orang lain.

Winston menyatakan, “Padahal, dengan memberikan apresiasi kita pada orang lain, kita  juga telah menyampaikan dukungan kita kepada mereka.”

Isu ini menjadi hal yang ingin IDN Media terapkan melalui Timmyness nomor 8. Budaya apresiatif yang dibangun di IDN Media diharapkan dapat membentuk kebiasaan Timmy untuk menjadi pribadi yang lebih apresiatif dan mau menghargai hasil kerja satu sama lain.

Lagi pula, mengucapkan pujian bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan, kok.


9. Melakukan hal yang benar
bahkan ketika tak ada yang melihat


Integritas merupakan suatu komponen penting dalam kehidupan. Hal tersebut juga seringkali dikaitkan dengan nilai-nilai kejujuran. Karena sikap positif dapat melahirkan kepercayaan, tak heran jika reputasi juga ditentukan dari integritas yang seseorang berikan.

“Meski terlihat sepele, kejujuran bisa pengaruhi kredibilitas dan reputasi kita, jadi jangan lupa untuk selalu prioritaskan kejujuran,” kata Winston.

10. Melihat kesuksesan
perusahaan sebagai kesuksesan diri


Sebagai bagian dari IDN Media, Timmy tentu sudah mengenal visi, misi, dan budaya yang diusung oleh perusahaan. 

Sense of belonging pun menguat seiring dengan berjalannya waktu, natural begitu saja. Hal ini kian meyakinkan Timmy bahwa IDN Media merupakan suatu entitas besar yang memayungi keberadaan mereka.

“IDN Media ingin setiap Timmy merasa dilibatkan dalam keberhasilan perusahaan
bahwa tanpa mereka, IDN Media tak akan berhasil mencapai mimpi tersebut. Hal ini tentu akan meningkatkan sense of belonging, rasa bangga mereka terhadap perusahaan juga,” ujar Winston. 







Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9