Kenali 6 Cara Menjaga Kekebalan Tubuh Anak

Rabu, 07 Oktober 2020

 

Menjaga kekebalan tubuh anak

Sistem imunitas atau yang lebih dikenal dengan kekebalan tubuh  merupakan pertahanan tubuh menghadapi organisme, virus, dan kuman berbahaya.

Sistem imunitas merupakan hasil kerja sama dari rangkaian sel, jaringan, protein, dan organ tubuh. Pada anak, sistem imunitas yang baik akan mendukung perkembangannya menjadi optimal.

Ketika tubuh anak sehat, itu artinya sistem imunitas sedang bekerja optimal. Sebaliknya, jika anak sedang sakit, sistem imunitas anak sedang menurun.

Banyak hal yang menyebabkan menurunnya sistem imunitas, seperti flu, virus dengue, dan virus Covid-19 seperti saat ini.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menjaga sistem imunitas atau kekebalan tubuh anak?


1. Air Susu Ibu (ASI)


Sistem imunitas pada anak dimulai sebelum anak dilahirkan. Asupan gizi yang dikonsumsi selama ibu hamil juga ikut andil  dalam membentuk sistem imunitas anak. 

Selanjutnya, setelah anak lahir, sistem imunitas diperoleh dari ASI. ASI tidak hanya makanan bagi anak, lebih dari itu ASI mengandung antibodi alami yang bisa menambah imunitas anak. 

Beberapa studi menunjukan jika ASI juga dapat meningkatkan kekuatan otak bayi dan membantu melindungi terhadap berbagai macam penyakit genratif.


2. Real Food Is Good Food


Secara alami, tubuh manusia sudah dibekali sistem imun yang bertugas untuk mendeteksi dan mengeliminasi patogen, seperti virus yang masuk ke dalam tubuh.

Sistem imun ini harus didukung asupan makanan sehat bernutrisi tinggi sehingga dapat meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh anak. 

Kenalkan anak sedini mungkin makanan sehat rumahan dan buah-buahan. Tidak hanya bernutrisi tinggi, namun makanan ini juga terbebas dari kandungan kimia buatan, seperti pengawet, pewarna, penambah rasa, juga pemanis buatan.

Semakin dini anak dikenalkan dengan real food, maka lidah dan feeling-nya terhadap makanan akan semakin terasah. Tentu saja, ini akan berdampak terhadap sistem imunitas disaat kecil hingga dewasa nanti. Anak juga membutuhkan protein yang dapat diperoleh dari daging, telur, kacang-kacangan, tahu, dan tempe.


3. Tidur yang Cukup


Bayi berusia di bawah enam bulan membutuhkan waktu tidur sebanyak 20 jam setiap harinya. Sedangkan balita membutuhkan waktu tidur 13 jam setiap harinya.

Lalu, apa yang terjadi jika jam tidur anak kurang? Ternyata ini berpengaruh terhadap sistem imunitas anak.

Jam tidur yang cukup akan membuat sistem imunitas anak terbentuk dengan  baik. Jika anak kesulitan tidur dan memiliki kualitas tidur yang buruk, ada baiknya orang tua mendiskusikannya dengan dokter. Bila cukup tidur dan waktu istirahat anak terpenuhi dengan baik, tubuh akan lebih banyak memproduksi antibodi.


4. Vaksinasi


Meski menuai pro dan kontra, vaksinasi dianggap penting karena dapat melindungi anak dari beberapa penyakit tertentu. Ketika anak mendapat vaksinasi, sistem kekebalan tubuhnya menguat dan antibodi siap melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri asing. Ikuti saran medis mengenai jadwal vaksinasi. Vaksinasi dilakukan sejak anak baru lahir dan terus hingga besar.


5. Minimalkan Pemberian Antibiotik


Yuk, jadi smart mom yang aware terhadap pemberian antibiotik! 

Beberapa penyakit yang terjadi pada anak tidak semuanya diselesaikan dengan pemberian antibiotik, misal flu dan sakit tenggorokan. 

Pemberian antibiotik yang salah  akan menjadi boomerang pada anak yang membuat daya tahan tubuh berkurang. Ini terjadi karena antibiotik dapat membunuh bakteri baik yang dibutuhkan untuk melawan penyakit.

Lagi, ketika tubuh terlalu banyak mendapatkan antibiotik, bakteri akan menjadi resisten dan lebih sulit disembuhkan dengan pengobatan standar.


6. Biarkan Anak Bermain Di Luar Rumah


Bermain di luar rumah tidak hanya membuat tubuh anak aktif bergerak, tapi juga mendapatkan udara segar dan vitamin D alami yang didapat dari sinar matahari. 

Tubuh membutuhkan vitamin D untuk mencegah dan melindungi diri dari berbagai penyakit dan virus. Daripada membiarkan anak terlalu lama menonton televisi dan bermain gadget, lebih baik membiarkan anak bermain bola, sepeda, bermain tanah atau pasir, atau sekedar  berlarian di halaman rumah.

Yang perlu diingat, setelah anak bermain di luar, gunakan produk pembersih tubuh yang bersifat antibakteri yang mampu membantu kinerja sistem imun dalam memproteksi tubuh anak. 

Salah satu rekomendasi yang sudah terpercaya adalah Lifebuoy Total 10 yang dilengkapi dengan Formula Activ Silver+ serta antiseptik alami dari timol. Lifebuoy Total 10 bekerja efektif mendukung sistem imun tubuh anak untuk menghalau virus, kuman, dan pantogen berbahaya dari luar.


Itu tadi 6 cara menjaga menjaga kekebalan tubuh anak. Semoga anak-anak kita senantiasa sehat dan mendapatkan tumbuh kembang yang sempurna.


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9