Bisnis Laris Manis dengan Resep Jagoan Bisnis Ala Chef William

Kamis, 17 September 2020
resep-jagoan-bisnis-homecredit


Wabah pandemi tahun ini memang bikin menangis. Hari ke hari pengeluaran semakin sadis. Sementara pemasukan justru menipis. Beberapa dari kita pun mengeluh. Tragis. 


Ah, keadaan seperti ini memang tidak sepenuhnya harapan kita. Meski demikian, kita harus tetap bisa bertahan dari ujian pagebluk bernama covid ini. Jika tidak begitu, kita bakal kalah dengan yang namanya keadaan. Padahal kita tahu, bahwa ujian dihadirkan Allah semata-mata agar kita memiliki jiwa petarung yang tangguh. Betul?


Maka, saya merasa beruntung sekali hingga saat ini masih bisa tersenyum di balik ancaman perekonomian yang buruk. Saya beruntung karena tidak lelah mencari informasi-informasi melalui media sosial tentang apa saja yang berhubungan dengan upgrade skill dan meningkatkan pendapatan. 


Seperti tadi malam saya mengikuti Fun Talk seru yang dipersembahkan oleh Home Credit Indonesia, dengan mengangkat tema resep Jagoan Bisnis bersama Chef William sebagai narasumbernya. Yaitu, seorang Chef, pebisnis makanan, juga content creator yang merupakan pemenang MasterChef Indonesia 3 sekaligus mendapatkan gelar The Next MasterChef Indonesia. 


Wow, kebayang nggak ilmu daging apa yang saya dapatkan tadi malam? Meski acaranya hanya diadakan Live di akun @homecreditid, tetapi suntikan semangat soal berbisnis ngena banget. Apalagi Host Bernard memandu acaranya nggak ngebosenin. Jadi saya sebagai penonton nggak mau ketinggalan dong. Memang, Chef William ngomongin apa aja? Penasaran? 


Yup. Chef William bongkar habis-habisan tentang tips bertahan dalam bisnis, bagaimana cara membuka bisnis makanan, serta trik marketing yang bikin bisnis laris manis. Menarik, bukan? Banget dong! 


Baca sampai habis ya artikel saya berikut ini. Dijamin kalian bakalan dapat insight baru dari narasumber kece tersebut. 


Kenal Lebih Dekat Chef William Gozali


Ternyata ketertarikan tentang dunia masak-memasak sudah dirasakan oleh Chef William sejak kecil, ketika Sang Mama memintanya tidak jajan di luar. Aneka makanan maupun camilan harus buatan Mama. 


Jadi, semenjak itu Willgoz, begitu panggilan akrabnya. Dia menjadi penasaran dan rasa ingin tahunya tentang dunia masak semakin tinggi. Hingga tanpa disadari passion tersebut bertumbuh. Namun sayang, meski dia sangat menyukai dunia memasak. Ketika beranjak dewasa dan masuk di perguruan tinggi, Chef William tidak lantas mengambil jurusan sesuai passion-nya. Saya diminta kuliah bisnis sama orang tua, begitu ucapnya. 


Meski demikian tetap salut dengan Chef William yang tidak patah semangat. Gagal mengambil jurusan saat kuliah sesuai passion, tetapi ketika di usia 29 tahun, dia mengasah skill memasaknya lagi dan berhasil menempuh pendidikan di Sidney dengan memilih mendalami bidang kuliner. Tepatnya di sekolah kuliner dan perhotelan Sidney Le Cordon Bleu Australia yang kemudian mengantarkannya untuk menekuni bisnis makanan.  


Prestasi beliau di bidang kuliner memang nggak tanggung-tanggung,lho. Selain menjadi Chef di bisnis makanannya sendiri, yaitu Sunny Fatday yang sudah memiliki tiga cabang di Jakarta dengan menu andalan rice bowl yang unik. 


Pria tampan berkacamata ini juga seorang konsultan bisnis makanan. Maka tak heran, ketika search nama Willgoz di channel youtube. Nama tersebut akan muncul dengan nama Willgoz Kitchen dengan 1,09 juta subscriber. Keren ya? 


Resep masakan yang dibagikan di channel tersebut juga tidak pasaran. Mulai dari resep makanan yang popular banget, seperti resep Indomie hingga aneka camilan serta Ekkado dan steak kekinian lengkap banget di sana. Silakan follow, ya. 


Tak hanya itu, karena Chef  satu ini tidak diragukan lagi dari sisi kreatif, William juga membangun channel youtube lainnya yang bernama R4W Project, yaitu fokus pada proses kreatif  editing foto dan video makanan. Luar biasa inspiratif! 


Penting baca ini:

 

Bisnis Makanan Era Pandemi


Untung atau rugi berbisnis makanan era pandemi? Mungkin ini yang menjadi kekhawatiran Anda saat ini. Mau memulai berbisnis takut nggak laku. Kalau nggak dicoba berbisnis dari sekarang, sampai kapan dong mengandalkan gaji karyawan? 


Dan semalam, Chef William pun membagikan tips sederhana tentang bisnis makanan  yang bisa Anda coba sebelum terlambat. 


Pertama, menyiapkan resep baku untuk bisnis makanan yang akan dikelola. Dalam hal ini, Anda harus tahu jenis bisnis makanan apa yang banyak diminati oleh masyarakat. Nah, caranya mudah untuk tes pasar. Bisa dimulai dengan menanyakan pada diri sendiri, kira-kira makanan yang nggak ngebosenin itu gimana sih? Di saat kita memakannya berkali-kali, tidak ada kata ingin berhenti. Bahkan Anda akan merasa nagih dan ingin konsisten memakannya. 


Kedua, Anda harus konsisten dengan bisnis yang dijalankan. Konsisten di sini meliputi menu makanan yang dijual, rasa, dan usaha untuk tetap bertahan meski tengah mengalami krisis pandemi. 


Ketiga, Pastikan produk yang Anda layak jual. Kalau berbisnis makan dilarang ngasal aja. Kasihan dong kalau cuma ngasal. Sementara kualitas makanan dan rasanya tidak terjamin. Terus, mau laku dari mana? 


Keempat, Memikirkan teknik marketing dalam berbisnis makanan itu penting. Ingin jualannya laris manis, maka harus memperhatikan kualias dan bagaimana mengemas produk yang eye-catching banget. 


Lantas bagaimana menyiasati bisnis makanan era pandemi?


Yang mana sangat memungkinkan hasil penjualan pastinya tidak akan sama dengan berbisnis di hari biasanya sebelum pagebluk covid-19 melanda Indonesia beberapa bulan ini. 


Berikut 3 Tips yang disampaikan oleh William tentang menghadapi bisnis makanan yang mulai lesu. 


1. Ikhlas dan berdamai dengan keadaan adalah salah satu solusi agar tetap semangat dalam berbisnis.


2. Menekan biaya operasional dengan cara mengurangi jumlah menu yang tidak diminati. Dia hanya menjual menu terlaris dan terbaik saja. Sebab tak dimungkiri saat pandemi, banyak bisnis yang mulai menurun omsetnya. 


3. Menginfokan kepada para customer bahwa bisnis makanan yang dijalankan sudah mematuhi aturan protokol kesehatan demi menjaga keselamatan para pekerja dan pelanggan  


Penting baca ini:


Bisnis Makin Laris dengan Menerapkan Resep Jagoan Bisnis


Semakin malam diskusi bersama Willgoz semakin menarik. Apalagi jika ngomongin soal bisnis laris manis. Menurutnya, bisnis laris di era pandemi ini, adalah sangat cocok dipasarkan secara online. Karena faktanya aturan PSSB menjadikan banyak orang enggan ke luar rumah sekiranya tidak membeli sesuatu yang penting banget.


Lantas, produk apa yang pantas di jual saat pandemi begini? Teknik jualan yang seperti apa yang bisa membuat pebisnis makanan bertahan? 


Berikut resep jagoan bisnis ala Willgoz, ada 4 teknik jitu yang bisa dipraktikkan, yakni:


1. Memanfaatkan e-commerce


Bisnis makanan yang cocok dijual di e-commerce disarankan berupa makanan kering, frozen food, atau makanan yang tahan lama lainnya. Keunggulannya adalah produk bisa lebih tahan lama serta kualitas terjaga. Selain itu,  risiko rugi lebih rendah. Semisal tidak laku hari ini, maka makanan bisa dijual besoknya. Pun tidak akan basi.  


2. Bekerja sama dengan Ojek Online 


Seperti bisnis yang sedang dia rintis, Willgoz memanfaatkan ojek online untuk menjual produknya. Alasannya selain praktis, ojek online juga bisa mengantarkan pesanan dengan cepat sehingga pelanggan tidak akan kecewa. Hanya saja, produk kita harus ready saat itu. Selain itu, memanfaatkan ojek online bisa menjadi solusi bisnis makanan tetap laris. Sebab di masa pandemi orang-orang tidak bisa ke luar rumah dengan bebas. 


3.Jual Makanan kepada Orang Terdekat


Yang paling mudah saat berbisnis makanan adalah dengan menjualnya pada orang terdekat. Mereka bisa memberikan testimoni secara jujur demi ke depan lebih baik. Karena untuk bisnis baru mulai, meyakinkan pada pembeli tidaklah mudah. 


4. Memanfaatkan Media Sosial

Saat ini, media sosial bisa menjadi kunci suksesnya berbisnis. Anda bisa memanfaatkan media sosial dengan menyebarkan produk yang dijual dengan mudah. 


Lantas, bagaimana jika bisnis makanan yang dijalankan gagal? 


Anda bisa mencari tahu lebih dulu, apa yang menjadi penyebab kegagalan tersebut. Apakah dari bahannya yang tidak berkualitas, eksekusi salah, atau cara penyimpanan yang kurang tepat. Tetapi jika dari sisi makanannya sudah benar dan masih belum begitu laku. Maka kemungkinan kesalahan ada di bagian marketingnya, ya. 


Ayo Maju Bersama dengan Home Credit 


Jagoan-bisnis

Tak terasa hampir satu jam bincang seru bersama Chef Willgoz tentang resep jagoan bisnis yang diadakan home credit melalui IG live di @homecreditid. Banyak ilmu yang saya pribadi dapatkan. Dan ternyata, sharing bersama  tersebut rutin dilaksanakan setiap hari rabu dengan narasumber berbeda. 


Seru banget, kan? Tentu saja! 


Tak hanya ilmu, tetapi juga pengalaman juga teman virtual. Karena setelah acara kita bisa saling follow lewat akun instagram pribadi masing-masing. Kalau boleh saran, agar @homecreditid semakin maju, acara sharing seperti ini konsisten dilaksanakan. Sebab era pandemi seperti sekarang, orang-orang harus mendapatkan asupan ilmu agar skill terasah. Dan diri sendiri pun tergerak untuk maju. 


Kesimpulan


Melewati krisis ekonomi di era pandemi memang dibilang tidak mudah.  Kita harus lebih lincah mencari peluang kerja agar demi dapur terus mengepul. Maka tak heran jika saat ini ibu rumah tangga pun turut eksis di media sosial demi bisa menghasilkan cuan. 


Nah, misal saat ini Anda sedang menjalani bisnis kuliner dan ingin tetap bertahan dalam bisnis tersebut. Tidak ada salahnya jika Anda menerapkan tips-tips keren dari Chef Willgoz. Resep dari jagoan bisnis mudah sekali diterapkan. Yang terpenting kuncinya adalah konsisten. Mau dicoba?  

36 komentar on "Bisnis Laris Manis dengan Resep Jagoan Bisnis Ala Chef William"
  1. Ahhh artikel ini pas banget nih. Dan beberapa tips nya udah kami lakukan. Yg perlu di noted: pilih menu yang paling banyak diminati. Ini nih, kadang sayang men skip yg udah terlanjur ada di daftar menu. Sukses ya mba Malica apapun lini bisnisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bundo. Ternyata skip menu di sini penting agar bisnis kita tetap bertahan

      Hapus
  2. Tips menekan biaya pengeluaran untuk makanan yang kurang diminati ini benar sih emang mba. Kita saat jualan makanan juga fleksible untuk menurunkan tingkat egoisme terutama pemilihan menu. Keren acaranya homecredit ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak. Dan aku beruntung bisa belajar sam ahlinya langsung

      Hapus
  3. Wah,jadi pengen nyoba berbisnis makanan. Dari strategi bisnis yang dipaparkan tampak menggiurkan. Terima kasih miss Malika, tipsnya keren.

    BalasHapus
  4. Wah tipsnya bermanfaat banget nih..saya lagi kepikiran pengen buka usaha kuliner soalnya. Thx for share mba Malica. Jadi kepo mo intip ig nya chef William ah.

    BalasHapus
  5. Wah banyak dan menarik nih tipsnya. Pas banget aku lagi ada omongan dengan adik ipar untuk berbisnis aneka camilan sehat dan camilan untuk bayi. Baca ulasan mba malica ini bikin wawasan Bisnis ku makin terbuka jadi seperti ada pandangan akan seperti apa ke depannya. Terimakasih ya mba sharingnya. Bermanfaat banget

    BalasHapus
  6. Asyik ya ni orang. Bakatnya masak. Ilmunya bisnis. Dua modal gede banget buat sukses bisnis kulineran.

    BalasHapus
  7. Chief favorit aku dong.. 😍

    BalasHapus
  8. Yup. Penting banget buat ikhlas menerima keadaan. Karena kalau tidak, maka kita akan stuck dan tidak melakukan apapun untuk memperbaiki keadaan.

    Apalagi bisnis kuliner seharusnya bisa terus eksis di tengah gonjang-ganjing dunia akibat pagebluk. Setidaknya orang tetap butuh makanan yang layak.

    Itulah mengapa, kita harus terus berkreasi dan melakukan riset. Setidaknya kita tahu makanan yang akan kita komersilkan sudah layak atau belum.

    Betul begitu kan mbak?

    BalasHapus
  9. Meskipun sekarang masih pandemi, tapi orang tetep butuh makan. So bisnis makanan prospeknya lumayan. Asyik nih dapat ilmu bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Next ikutan mbak. Home credit sellau ada acara tiap selasa.

      Hapus
  10. Artikel yang pas dimasa pandemi gini.banyak orang yang akhirnya harus nambah penghasilan dengan berbisnis makanan. aku juga pengen tapi bakatnya jauh bgt hahahaha
    intinya emang konsisten sama jualannya ya, biar yg beli nggak bingung2 kalau mau nyari huhu dan medsos sarana promosi yang bagus dimasa pandemi gini..

    BalasHapus
  11. Waaah Chef Wilgoz, aku enggak nyangka seorang konsultan makanan juga ya. Gila keren bgt. Duh bacain tips di sini jadi pengen berbisnis makanan yang lain juga nih. Kemaren sempet bisnis manisan pepaya bareng ibu terus udahan *lha dia malah curhat di sini :D

    BalasHapus
  12. Mantap. Makasih tipsnya, ya. Kebetulan saya juga bisnis makanan. Jadi artikel ini bermanfaat banget buat saya.

    Sukses terus, Mbak Malica

    BalasHapus
  13. Terima kasih, tipsny bermanfaat. Sukses selalu 😊

    BalasHapus
  14. Terima kasih tipsny bermanfaat, salam sukses selalu 😊

    BalasHapus
  15. Saya bingung harus bicara apalagi... Bisnis di era pandemi emang kudu sabar dan kudu menjalaani Beberapa trik jitu Ini. Untuk owner apapun.. Tetap semangat yaa

    BalasHapus
  16. Bisnis makanan nggak akan pernah surut biarpun masa pandemi ya mbak.
    Jdi pas banget kalo mau bisnis kuliner kalo mau memulai usaha.

    BalasHapus
  17. Kebetulan banget nih mba, sempet bahas ide jualan makanan sama suami, artikel ini bermanfaat pastinya. Makasih ya Mba.

    BalasHapus
  18. Makanya aku tuh salut sama yang gigih sama bisnis makanan
    Ga akan mati sebab orang setiap hari butuh makan pastinya
    Apalagi kalau keungan diatur dengan baik

    BalasHapus
  19. Nah ini bermanfaat banget nih sharing artikelnya terutama bagi yg akan membuka usaha makanan. menurut ku usaha makanan tuh ga pernah mati. Tinggal pintarnya kita cari celah peluang spya usaha Mknan yg kita jalani dapat survive...

    BalasHapus
  20. Wah, artikel yang bermanfaat banget ini, Kak. Tips-tipsnya mantap...

    BalasHapus
  21. Terima kasih tips nya. Memang sich... pingin banget bisnis kuliner. Artikelnya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  22. Seru banget baca artikel ini,jadi penasaran pingin follow YouTube beliau. Dan tips untuk pebisnis kulinernya, emm masuk juga tuh. Kudu ikhlas menerima keadaan dan pinter menyiasati keadaan memang. Makasih dah berbagi ya,mbak.

    BalasHapus
  23. Keren, terima kasih tipnya. Memang masa pandemi sekarang ini, bisnis kuliner yang sedang marak. Artikelnya cukup bermanfaat banget.

    BalasHapus
  24. Kok pas sama keadaanku saat ini, merambah bisnis kuliner. Bisa diintip nih, si babang Willgoz. Maacih ya udah dikasih info keceh beginiiiii

    BalasHapus
  25. Waaaaaah, aku pernah nih...ikutan acara masak bareng Chef WillGoz 😍😍 Waktu itu bikin masakan berbahan dasar jamur. Soal jualan makanan saat ini sih..menjamur ya di mana2 terutama akibat si corona. Strategi biar laris ternyata banyak. Kudu enak, layak dijual, marketing online jg harus baik dll. Mantap 😊😊

    BalasHapus
  26. Tipsnya keren 😍, membuka ide kreatif dan memotivasi.

    Jadi pengen banget tuk ngikutin narasumber yang kece abizz😁

    BalasHapus
  27. Keren banged emang tips bisnis kuliner dari chef Willgoz yaa, harus konsisten kl mau berhasil di bidang usaha makanan ya, noted deh. Nice sharing Mba Malica...thank youuu

    BalasHapus
  28. Bermanfaat banget Tips-tipsnya Mbak. Memang di saat pandemi ini pembisnis perlu lebih kreatif agar usaha terus bertahan, ya.

    Jadi penasaran deh sama YouTube nya, paksu itu hobi kuliner, bisa juga nih saya ajakin untuk lebih kreatif usaha di bidang kuliner saat pandemi begini.

    Thanks for sharing Mbak. Saya ajak paksu meluncur ke YouTube nya��

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9