Cerdas Memilih Jenis Investasi Masa Kini untuk Single Mom

Kamis, 24 September 2020


"Kamu harus mulai cari-cari jenis investasi masa kini untuk anak-anakmu, Ca," kata seorang teman 6 tahun yang lalu.
 
Saya hanya terdiam. Tidak menjawab mengiyakan sarannya ataupun menolaknya. Sungguh, waktu itu saya benar-benar bingung harus ngapain. 

Saya tidak pernah membayangkan sebelumnya bakal menyandang status ibu tunggal secepat itu. Padahal tidak ada tanda-tanda saya dan Mas Mantan bakal berpisah. Tetapi nyatanya kehendak Allah berbeda. 

Saat itu saya pun tidak memikirkan apa-apa kecuali merenung atas kesalahan apa yang sudah saya lakukan, sehingga Allah menguji rumah tangga sampai di titik perpisahan. Mau tidak percaya,tetapi faktanya memang saya sudah sendiri. Mau percaya, kok rasanya sakit banget,ya?

Tetapi ya sudahlah. Jika dipikir terus-menerus justru yang rugi adalah diri saya sendiri. Jadi mau nggak mau saya harus move on. Saya harus mulai belajar berjuang sendiri. Dan yang paling penting saya harus mulai berinvestasi. 

Apa Itu Investasi dan Kenapa Investasi itu Penting! 


Bagaimana caranya seorang single moms berinvestasi untuk menyiapkan masa depan anak-anak?
 
Pernah terbesit pertanyaan seperti itu. Secara saya bukanlah seorang perempuan yang memiliki gaji tetap setiap bulannya. jadi rasanya mustahil bisa berinvestasi. Selain itu, pekerjaan yang saya jalani kala itu, bukanlah sebuah pekerjaan yang menjanjikan sekalipun gaji ditransfer secara bulanan. 

Emang berapa sih gaji seorang tentor bahasa inggris freelance? Apakah cukup untuk berinvestasi dan biaya hidup keluarga?

Zaman dulu saya masih belum mengenal dunia digital seperti sekarang. Yang saya tahu hanya memanfaatkan aplikasi BBM saja untuk bisnis. Sementara untuk media sosial lainnnya, saya tidak begitu memahami.

Beruntungnya, ketika hati saya sedang patah karena kehilangan. Allah memudahkan jalan saya untuk berkembang. Saya mulai berteman dengan bisnis online. Perlahan saya mulai memahami bagaimana cara membangun bisnis online dengan memanfaatkan media sosial yang saya punya. Lalu berkenalan dengan banyak orang, memperluas jaringan saya dengan teman-teman lainnya. 

Akhirnya, saya pun mulai memberanikan diri untuk berinvestasi. Tidak banyak kok investasi yang saya simpan tiap bulannya. Saya hanya menyesuaikan budget yang dimiliki saja. Namun sebelum saya memutuskan untuk memilih macam-macam investasi masa kini yang tepat dan aman. Saya harus paham dulu pengertian dari investasi itu sendiri sekaligus bagaimana caranya bekerja.  

Pengertian investasi itu simpel sekali. Yaitu salah satu cara untuk mengembangkan jumlah uang atau harta yang kita miliki. Dalam artian tujuan Anda berinvestasi adalah mendapatkan keuntungan dana lebih di masa depan. Namun, berinvestasi tidak cukup memahami maknanya saja. 3 hal penting ini juga perlu diperhatikan, antara lain: 

  • Memiliki tujuan jelas. Kenapa berinvestasi itu penting?
  • Menentukan berapa banyak modal yang bisa disiapkan
  • Siap dengan risiko yang diambil

Tiga hal tersebut terkesan sederhana tetapi saya sebagai single mom harus benar-benar memahami dengan baik. 

Tak lain agar jalan saya mulus ke depan dalam berinvestasi. Namun ada pertanyaan lain yang menguatkan tujuan saya untuk berinvestasi. Tentang seberapa penting seorang single mom harus berinvestasi? 

Logikanya begini, sampai kapan kita akan hidup? Lalu, bagaimana nanti keadaan anak-anak setelah saya meninggal? Bagaimana pendidikannya? Siapa yang akan menjamin mereka akan baik-baik saja? 

Meski saya tahu jodoh,maut dan rezeki sudah menjadi kehendak Allah. Tetapi setidaknya sebagai makhluk saya harus mempersiapkan kesejahteraan anak-anak di masa depan sebelum ajal menjemput saya terlebih dahulu. dengan memiliki perencanaan finansial yang baik. Tentunya sedikit mimpi-mimpi yang sudah direncanakan bisa mencapai tujuannya nanti. Amin

Yup. Investasi sesederhana itu tujuannya. Di mana kita mempersiapkan kebutuhan di masa depan dengan memanfaatkan dana yang dimiliki saat ini. 

Tips  Memilih Investasi yang Tepat Untuk Single Mom


Menghidupi dua anak sendiri bukan hal mudah untuk single mom seperti saya. Apalagi saya hanya guru honorer di sebuah lembaga di desa. Juga freelancer yang tidak tetap menerima gaji setiap bulannya. Untuk itu, penting bagi saya menyisihkan sedikit demi sedikit penghasilan yang saya dapatkan tersebut sejak dini agar ke depannya menguntungkan buat kehidupan anak-anak. 

Beinvestasi mungkin bukan solusi terbaik. Saya memahami itu. Tetapi setidaknya dengan berinvestasi, saya bisa menabung untuk jangka panjang. Namun sebelum memutuskan akan berinvestasi jenis apa. sebaiknya saya harus belajar dari banyak orang terlebih dahulu. Kira-kira tips apa saja yang harus saya pahami sebelum memilih jenis investasi masa kini yang tepat buat saya dan keluarga. 

  • Konon, investasi yang baik adalah investasi yang bisa dikembangkan sesuai dengan budget keuangan yang dimiliki. Artinya tidak membuat Anda nyaman di awal, tetapi di belakang menjadi beban
  • Anda harus menerima penjelasan dari pihak investasi tentang perbedaan investasi jangka pendek dan jangka panjang. Apa saja kelebihan dan kerugiannya. Kemudian, Anda bisa mencari beberapa referensi melalui teman, kerabat, maupun lewat internet. 
  • Memilih investasi haruslah yang dapat memenuhi harapan sekaligus tujuan Anda. 
  • Pilihan investasi yang tepat adalah mereka yang menginfokan kepada kita tentang rasio rata-rata pertumbuhan dana setiap tahunnya.
  • Sekalipun sudah memiliki banyak dana untuk diinvestasikan, serta rencana keuangan yang baik untuk masa depan. Dalam memilih jenis investasi yang aman adalah yang menawarkan minim risiko. 
  • Pastikan investasi yang Anda pilih nantinya adalah yang menawarkan sistem syariah di mana sangat dekat hubungannya dengan agama yang Anda anut saat ini. 

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9