Pentingnya Supplier Sembako Untuk Bisnis Kuliner Sukses

Jumat, 17 Juli 2020
Tips memilih Supplier Sembako Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang tidak akan mati. Justru semakin hari bisnis kuliner akan naik daun sekalipun di masa pandemi.

Dari beberapa artikel yang saya baca, memang sebagian pendapatan pelaku kuliner mengalami penurunan drastis saat hadirnya covid 19. 

Namun tidak sedikit pebisnis kuliner maupun pelaku UMKM yang memilih bertahan dengan menciptakan tren baru untuk bisnis kuliner mereka. 

Alasannya sangat sederhana, kenapa para pebisnis kuliner tetap bertahan. Selagi masih ada manusia yang membutuhkan makanan, maka bisnis kuliner akan selalu maju dan berkembang. 

Bisnis kuliner akan selalu hidup dengan mengikuti kemajuan zaman. Apalagi sejak masa pandemi ini,  banyak pelaku bisnis yang mengubah haluan bisnisnya dari offline menjadi online.

Dalam hal ini Anda bisa menyasar pasar online terdekat, misalnya e-commerce, website toko online, memanfaatkan aplikasi kuliner yang mana tujuannya meningkatkan trafik serta potensi penjualan.

Tips Bisnis Kuliner Sukses Saat Pandemi


Tips memilih Supplier Sembako


Di awal-awal Indonesia diserang wabah Covid 19, Ibu mengeluh jika jualan pecel lelenya mulai sepi. Jarang pembeli yang datang untuk menikmati santapan kuliner khas Lamongan tersebut.

Bahkan pelanggan yang biasanya datang untuk sekadar minum es teh dan sepiring nasi anget dengan ikan ayam dicocol sambel, tidak kelihatan datang menyapa. Sementara bahan baku untuk usaha kuliner pun semakin susah dicari karena adanya aturan stay at home

Akhirnya saya mulai mencari cara, kira-kira apa strategi pemasaran yang cocok untuk bisnis kuliner di masa pandemi dan bagaimana caranya mendapatkan supplier sembako yang tepat sesuai budget yang dimiliki selama masa pandemi. 

1.Menggunakan Layanan Delivery 


Penjual pecel lele di Cirebon tidaklah sedikit. Hampir rata-rata perantau dari Lamongan mengais rezeki di daerah Cirebon ini dengan bisnis kuliner pecel lele. Tentunya persaingan bisnis semakin ketat bukan? 

Meski demikian tidak menyurutkan semangat para pedagang agar bisnis kulinernya tetap eksis. Salah satu solusinya adalah dengan cara berinovasi dan lebih kreatif, yaitu dengan cara menggunakan layanan delivery

Menurut Ibu dengan adanya layanan delivery bisnis kuliner yang beliau rintis sejak 20 tahun lalu, ternyata memberikan dampak positif yang cukup menganggumkan. 

Setidaknya, sangat membantu pembeli dan pelanggan kami untuk tetap membeli makanan khas lamongan di tengah virus Pandemi. 

2. Menyediakan Menu Makanan Ready to Cook


Biasanya ibu tidak menyetok makanan ready to cook. Tapi karena strategi kuliner ini sedang booming, ibu pun mencoba ikut mempraktikkannya.

Mula-mula, dengan menyediakan makanan rumahan cepat saji, seperti oseng kankung, Soto Lamongan, sayur asam, Sayur sup, Ayam pedas manis, Bebek Ungkep, serta beberapa varian menu lainnya. 

Dengan metode bisnis kuliner ready to cook ini, ternyata cukup membantu pendapatan usaha kuliner yang sempat meredup. Alhamdulilah.

3. Menyediakan Budget Promo


Salah satu strategi bertahan dalam bisnis kuliner di tengah Pandemi adalah dengan mengadakan promo. Mungkin hal ini bagi ibu masih terkesan awam. Karena beliau termasuk penganut pebisnis zaman jadul. 

Untungnya masukan-masukan dari saya bisa beliau terima dengan mudah. Sehingga usaha kuliner yang tadinya tidak mengenal kata 'Promo' akhirnya mulai eksis memberikan kupon promo bagi 20 pembeli pecel lele pertama. 

4. Mempromosikan Lewat Media Sosial


Salah satu tips bisnis kuliner di tengah pandemi agar laris di pasaran, yaitu dengan mempromosikan lewat media sosial.

Nah, kali ini ibu, bapak, dan adik mulai menyasar media sosial facebook dan instagram. Mereka mengunggah beberapa produk ready to cook di media sosial yang dimiliki khusus area Cirebon. 


Tips Memilih Supplier Sembako Untuk Bisnis Kuliner 


Supplier sembako


Kunci sukses bisnis kuliner di tengah pandemi tidak cukup berinovasi pada strategi pemasaran saja. Tetapi penting juga menentukan supplier sembako yang tepat. Sebisa mungkin Anda menemukan mitra bisnis yang terbiasa menyediakan stok barang lengkap, berkualitas, dan pengirimannya cepat. 

Dalam memilih supplier bahan baku atau lebih sering disebut dengan supplier restoran yang identik dengan penyedian bahan-bahan baku khusus kuliner,  ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Berikut 5  Tips yang wajib Anda ketahui! 

1. Melihat Kredibilitas Supplier


Kredibilitas di sini identik dengan kepercayaan. Jadi sebelum memilih siapa calon supplier Anda, sebaiknya periksa dulu media sosial yang dimiliki oleh supplier. Misalnya, website untuk supplier sembako. 

Website tersebut akan memberikan informasi valid mengenai info pemesanan, info  kontak, persediaan barang, harga, dan proses pengiriman produk. 

2. Kualitas Produk Paling Utama


Jika Anda menginginkan bisnis kuliner maju dan berkembang, maka Anda harus memilih supplier restoran yang menyediakan bahan baku berkualitas baik. 

Bagaimanapun, stok bahan baku baik akan mempengaruhi kualitas barang yang dijual oleh pebisnis kuliner. Untuk itu, penting bagi  Anda memperhatikan kesegaran sayuran dan daging serta tanggal kadaluarsa pada kemasan.

3.Kualitas Pelayanan


Salah satu kunci bisnis langgeng adalah dengan memiliki  mitra bisnis yang nyaman. Dan tingkat kenyamanan ini bisa dilihat dari pelayanan seorang supplier yang ramah, memberikan penjelasan dengan detail dan jelas, serta bertanggungjawab jika terjadi kerusakan pada produk. 


4. Analisa Harga


"Ada harga, ada kualitas" istilah ini pasti tidak asing lagi. maka usahakan memilih supplier yang tidak hanya memberikan penawaran harga murah, tetapi bahan baku sembako yang disediakan juga berkualitas. 

5.Garansi  dan Pengembalian


Sebelum ada kotrak kerjasama dengan supplier bahan baku untuk kuliner. Pastikan Anda menanyakan kebijakan kepada produsen tentang Garansi dan pengembalian apabila ada produk yang mengalami kerusakan. Kenapa? 

Dengan produsen tersebut memberlakukan garansi dan pengembalian jika ada produk yang rusak, produk mengalami keterlambatan pengiriman, atau produk tidak sesuai keinginan. Hal ini pastinya bisa meminimalisir kerugian pada Anda nantinya.

GoFresh, Marketplace Idaman Para Pebisnis Kuliner


Tips memilih supplier sembako


GoFresh adalah marketplace yang menyediakan supplier sembako dan bahan baku segar untuk kebutuhan usaha kuliner mitra usaha Gojek. Sebuah solusi yang sudah ditunggu-tunggu kemunculannya. 

Bagaimana tidak, masa sulit karena terguncang musibah pandemi ini, di mana para pebisnis kuliner dihantam kesulitan penyediaan bahan baku segar. Dari segi harga juga mengalami kenaikan. 

Maka, dengan hadirnya GoFresh di tengah-tengah pebisnis kuliner seolah menjadi angin segar yang menumbuhkan semangat baru untuk meningkatkan pendapatan bisnis kembali. 

Tak hanya itu, layanan GoFresh memberikan penawaran harga yang cukup terjangkau, juga keuntungan lainnya yang menjadikan marketplace satu ini idaman para pebisnis kuliner. Misal saja dari kualitas bahan terjamin, stok ketersediaan memadai, proses pemesanan mudah, hingga ada penjadwalan pemesanan juga, lho. Menarik sekali, bukan? Fakta lainnya mungkin perlu Anda simak juga sekarang! 

3 Fakta Tentang GoFresh Banyak Diminati Pebisnis Kuliner  


1. Gratis Ongkos Kirim 


Bagi saya, GoFresh merupakan marketplace yang murah hati. Gimana tidak, GoFresh lebih suka memanjakan konsumennya dengan  memberikan pelayanan gratis ongkos kirim dengan memilih belanja sembako minimal 300 ribu. Enak nggak tuh? Dijamin ketagihan belanja di sini. 


supplier sembako gobiz


2.Fitur Pembayaran Mudah dan Beragam


Apakah Anda merasa gaptek sebagai pebisnis kuliner? Bingung caranya transfer? 

Tenang, nggak usah khawatir. GoFresh hadir dengan fitur pembayaran mudah dan beragam. Anda bisa melakukan transaksi  melalui virtual account, Alfamart, GoPay, dan Kartu Kredit.

Supplier sembako gobiz


3. Waktu Pengiriman  Fleksibel


Nah, selain dua hal di atas, ternyata GoFresh bikin saya semakin jatuh cinta dengan menawarkan waktu pengiriman fleksibel.  Anda bisa memesan bahan baku segar dengan mengatur tanggal dan waktu pengiriman sesuai keinginan. Keren, kan?

Tips memilih supplier sembako


Dari 3 kelebihan di atas, saya yakin Anda semakin mantap beralih ke GoFresh untuk mengembangkan bisnis kuliner yang sedang dirintis saat ini. 
73 komentar on "Pentingnya Supplier Sembako Untuk Bisnis Kuliner Sukses "
  1. Betul, Mbak, masa pandemi begini memang penting terus usaha, apalagi jualan sembako karea semua orang butuh. Enak banget ya Mbak gratis ongkos kirim dengan pembelian minimal. Tetap aja menguntungkan karena barangnya kan bisa dipakai sampai lama, kayak bawang gitu. Bisa dibagi juga atau dijual lagi ke tetangga. Memang enak sih punya toko kelontong, semua orang butuh sembako.

    BalasHapus
  2. Kalau bahannya fresh-fresh gitu, orang bakal cenderung pilih GoFresh ya Mbak. Tapi apakah biasanya driver mengecek kondisi barang dulu beneran fresh apa tidak?

    BalasHapus
  3. Untuk supplier usaha kuliner memang harus teliti milihnya karena berpengaruh sama kualitas masakan. Dengan GoFresh jadi bisa dapat supplier bahan makanan segar tanpa harus repot ke pasar sendiri y.

    BalasHapus
  4. Baru tahu ada GoFresh ini. Apa saja yang di jual mbak? Kayak pasar gitu ya. Bahan-bahannya juga benar2 fresh kah. Kalau gini sih enak ya, tidak harus buang tenaga untuk belanja keluar.

    BalasHapus
  5. Saya baru denger nih gofresh. Membantu banget ya di masa pandemi mengkhawatirkan seperti ini. Model'y kayak di luar negeri, saya pernah liat diberita ada yg semacam ini juga.

    BalasHapus
  6. GO fresh di bandung ada nggak sih?

    BalasHapus
  7. keren banget sih ini. gojek udah kaya super apps, sampe luncurin gofresh juga mantap. maju terus aplikasi karya anak bangsa

    BalasHapus
  8. Makin mantap ya gojek ini ya mbak, sekarang sudah ada GoFresh sebagai marketplace yang menyediakan supplier sembako dan bahan baku segar untuk kebutuhan usaha kuliner. Usaha kuliner sekarang jadi lebih mudah menemukan suplier bahan makanan yang berkualitas.

    BalasHapus
  9. Go-jek selalu aja ada inovasi terbaru .
    Dengan adanya go fresh membuat pemilik resto gak repot lagi urusan belanja ya Mba..

    BalasHapus
  10. Iya benar sekali, memilih suplier sembako yang tepat itu penting sekali. Sebab hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesaan usaha kita. Dan gofresh ini adalah suplier sembako yang tepat sebagai mitra dalam mengembangkan usaha kita

    BalasHapus
  11. untuk perkembangan bisnis kuliner saat ini tentu di masa pandemi banyak pelaku usaha kuliner yg sedang stuggle dan banyak jg bermunculan jenis kuliner baru sebagai penambah cuan. Berguna banget sih adanya supplier sembako ini

    BalasHapus
  12. Yang kayak gini bisa jadi pilihan banget ya mbak, makin praktis apalagi sayurnya selalu fresh ya

    BalasHapus
  13. Sangat menguntungkan kalau punya supplier kayak gini, Mbak. Ada free ongkirnya itu loh yang bikin mupeng. Membantu banget pngusaha sembako pas masa pandemi, semua serbasulit jadi kudu kreatif cari pemasok yang mendukung.

    BalasHapus
  14. Ini layanan milik gojek ya mbak? Wah selalu berinovasi ya. Asik sekali memang kalau bisa mendapatkan layanan antar untuk barang kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi seperti sekarang

    BalasHapus
  15. Info yang bagus nih untuk para pebisnis kuliner. Tak perlu menyerah karena pandemi. Harus mampu bertahan di setiap keadaan

    BalasHapus
  16. Wahh bener penting deh supplier sembako zaman now. Pokoe dibutuhkan saat pandemi ini. Sumpeeehhh

    BalasHapus
  17. Makin banyak aja varian layanannya si "Go Go" ini ya
    Benar-benar mengerti kebutuhan kita di masa pandemi seperti ini. Lengkap pula
    Urusan dapur dan makan sehat keluarga tercinta jadi aman terjamin
    Begitu juga yang usaha kuliner. Pastinya jadi sangat terbantu

    BalasHapus
  18. Wah, pilihannya makin berragam ya.
    Saya pernah punya keinginan untuk buka usaha penyedia sembako.

    Tetapi ternyata tidak semua supplier bisa menerima barang retur atau menerima pengembalian barang yang rusak.

    Kesulitan di sisi itu, dan juga dengan modal yang pas-pas an akhirnya mundur teratur deh... hehehe

    BalasHapus
  19. Aku udah instal aplikasinya nih mba. Mau nyoba buat belanja. Praktis banget kan hemat tenaga, waktu, hemat bbm lagi hahah

    BalasHapus
  20. Pilihan delivery emang jadi andalan saat pandemi begini. Kalau bisa mah langganan pula supaya tahu karakter pengantarnya. GoFresh sangat membantu usaha kuliner. Semoga sukses

    BalasHapus
  21. GoFresh ini bakal jadi pilihan paling masuk akal dari para pemilik resto. Sebab memang gampang-gampang susah buat nyari suplier sembako buat memenuhi stok. Utamanya banyak yang tidak konsisten.

    BalasHapus
  22. Gofresh memudahkan orang yg akan usaha kuliner dan malas belanja ke pasar he he ...

    BalasHapus
  23. Seneng deh kalau ada tempat supplier bahan makanan yang fresh seperti ini

    BalasHapus
  24. Justru bisnis makanan yg paling bisa bertahan d masa Pandemi ini sepertiny mb terutmaa Frozen food
    Alhamdulillah sekarnag ada go fresh
    Yg jual makanan gak perlu keluar sering2 Krn bisa order bahan2 online y mba

    BalasHapus
  25. Jualan sembako, ibarat usaha kuliner, tidak akan ada matinya, karena semua orang pasti butuh bahan pokok, sebagaimana manusia butuh makan.
    Sebelum terjun bisnis mengetahui siapa yang akan suplai bahan, memang penting.

    BalasHapus
  26. Kalau udah ada yg namanya gratis ongkir jadi pengen nyoba, hehehe. Maklum, mamak-mamak seperti saya ingin berhemat di masa pandemi. Coba ah saya install lalu coba pakai aplikasinya. makasih mba .

    BalasHapus
  27. aduh gofresh ini solutif bgt mbak buat yg punya usaha makanan biar kualitasnya ttp terjamin, cara belinya juga praktis euy

    BalasHapus
  28. Wow aku baru tahu ada GoFresh. Asyik, makin banyak pilihan berbelanja sayur tanpa keluar rumah dan tentunya bisa dibayar cashless ya

    BalasHapus
  29. Supplier bahan makanan yg terpercaya sangat dibutuhkan bagi pelaku usaha kuliner maupun rumah tangga

    BalasHapus
  30. Gimana ya cara cari supplier bahan baku kedelai dan kacang hijau di jakarta?

    BalasHapus
  31. Semakin banyak ya fitur gojek yang memudahkan penggunanya. Pastinya para pengusaha kuliner terbaru banget nih dengan adanya gofresh ini

    BalasHapus
  32. masyaAllah bisa jadi salah satu alterntif nyari supplier nih ya. kalua mau daftar jadi mitra di sana begimana?

    BalasHapus
  33. Tipsnya bermanfaat banget, khususnya buat para pebisnis kuliner yang ingin tetap exist untuk tetap berjualan di tengah pandemi.

    BalasHapus
  34. Wuih ada free ongkir juga ya dengan belanja 300 ribu. Kalau pedagang kuliner ya kulakan bahan baku segar pasti lebih dari itu ya. Bisa dimanfaatkan tuh fasilitas free ongkirnya ini. Lumayan kan ga harus repot belanja sendiri, barangnya pun dijamin segar.

    BalasHapus
  35. Informatif sekli kak😊 kebetulan aku dan kakak ada rencana untuk mulai buka usaha di bidang kuliner nih

    BalasHapus
  36. Mantap kak. Informatif sekali. Kebetulan aku dan kakaku ada rencana mau buka usaha kuliner nih😊

    BalasHapus
  37. Membayangkan kalau gofresh ada di tempatku. Salah sendiri tinggal dipelosok. Hihihi. Disyukuri aja deh. BTW infonya menarik kak, dikeep untuk berani belajar bisnis ni.

    BalasHapus
  38. Wah enak juga ya mba ada gofresh gini. Jadi lebih mudah gitu apalagi bisa free ongkir gitu yaaa. Btw gofresh ini melayani kota di seluruh Indonesia kah?

    BalasHapus
  39. Betul sekali Kak di masa pandemi & new normal orang masih enggan berbelanja keluar. Solusinya memang harus menyediakan marketplace online agar usaha tetap berjalan.

    Nah gofress keren banget nih hanya dengan belanja Rp300.000 udah free ongkir karena jujur belanja online ini yang bikin males ya ongkirnya itu.

    BalasHapus
  40. Praktis ya. sekarang apa apa bisa online an. go fresh rekomendasi banget nih. biar di rumah aja tetap bisa belanja. hehe

    BalasHapus
  41. Keren sekali inovasi dari GoJek ini ya. Kebutuhan masyarakat akan sayur mayur jadi lebih mudah, baik untuk keperluan usaha maupun kebutuhan pribadi

    BalasHapus
  42. Senang banget ya sekarang berbisnis, kalau mau raw material tinggal pesan dan tunggu di rumah. Kalau semua sudah semudah ini, apa lagi yang membuat kita berat untuk mencoba berwirausaha

    BalasHapus
  43. Sebenarnya banyak cara ya utk bertahan di masa ini bagi pengusaha kuliner, salah satunya dengan kehadiran gofresh yg ngasi alternatif menarik

    BalasHapus
  44. dengan adanya go fresh ini, kalau mau buka usaha kuliner jadi mudah ya mbak. suppliernya jelas.

    BalasHapus
  45. betul juga ya, tantangan banget buat para pengusaha kuliner, harus lebih kreatif dan jeli melihat celah.
    aku baru tahu soal gofresh ini mbak, wah semakin membantu ya buat kepastian penyediaan bahan baku. keren, sukses terus pecel lelenya!

    BalasHapus
  46. keren ya, gofresh bisa membantu menyambung distribusi sayur dan buah lokal ya. semoga kreatifitas saat pandemi ini bisa terus menyemangati kita ya mbak!

    BalasHapus
  47. Nah, keren ini. Inovasi di setiap langkah. Selalu melihat peluang di setiap celah.

    BalasHapus
  48. nice info, Mbaaa ... makasih ya πŸ‘

    BalasHapus
  49. Jadi pingin download gofresh juga nih

    BalasHapus
  50. Wah betul sekali, bisnis kuliner memang tak ada matinya. Bahkan beberapa teman yang memiliki usaha frozen food pernah cerita, omset mereka justru naik saat pandemi.

    BalasHapus
  51. Go fresh. Ayo dong sampai ke pedesaan...

    BalasHapus
  52. Lo, baru tahu ada GoFresh. Keren ini informasinya. Tahunya GoFood dan GoRide. Masa pandemi ini, saya nyaris 100% belanja online. Makasih infonya

    BalasHapus
  53. Lo, baru tahu ada GoFresh. Keren ini informasinya. Tahunya GoFood dan GoRide. Masa pandemi ini, saya nyaris 100% belanja online. Makasih infonya

    BalasHapus
  54. Satu-satunya usaha yg terus eksis selama pandemi ini adalah usaha sembako, karena itu kebutuhan primer, btw gofres keren deh

    BalasHapus
  55. Jaman sekarang mah apa-apanya mudah. Tu gofresh jadi pilihan buat mencari supplier sembako terbaik. Mancaplah.

    BalasHapus
  56. Wah asyik ya kalau ada gofresh kaya gini. Praktis. Dan saling memberi manfaat bagi petani dan penyalur. Sip semoga sukses

    BalasHapus
  57. Bagus sekali ya go fresh. Bisa dijadikan pilihan bagi pebisnis kuliner atau rumah tangga yang ingin belanja praktis dan hematπŸ˜‰

    BalasHapus
  58. Pasti menyenangkan ya kalau punya supplier kayak gini. Membantu banget usaha kuliner kita. Yang aku suka tuh gratis ongkirnya. Jarang lo ada yg gini. Recommended bangetlah pokoknya. Keren.

    BalasHapus
  59. Solusi masa kini ini ya, Mbak...❤

    BalasHapus
  60. Bener bgt, disekeliling aku banyak yg mencoba peruntungan bisnis kuliner. Sayangnya, kdg mutu ga sesuai standar..

    BalasHapus
  61. Artikelnya menarik, Mbak Malica.
    Makasih, ya πŸ˜πŸ™

    BalasHapus
  62. Bener banget, kita kudu pinter2 mensiasati kondisi ini

    BalasHapus
  63. Wah aku baru tahu tentang Gofresh ini. Berarti membantu sekali pelaku usaha kuliner ya mba 😍

    BalasHapus
  64. Keren, belanja sayur pun bisa online. Sangat membantu, jadi ga perlu repot ke pasar

    BalasHapus
  65. Iya pas banget mbk, usaha kuliner secara online. Menambah wawasan pula ulasannya, makasih sharenya sanagat bermanfaat

    BalasHapus
  66. Ada gofresh ya? Baru sadar. Selama pandemi, aplikasi gojek hanya untuk layanan antar jemput barang. Terima kasih infonya ya mbak. Boleh dicoba, nih.

    BalasHapus
  67. Wahhh kalau mau jadi mitranya gofresh gimana caranya mba Malica? Kebetulan kakak baru opening toko daging di Jogja.

    BalasHapus
  68. Bener-bener sekarang ini dunia dalam genggaman ya. Apa-apa jadi lebih mudah. Nggak cuma makanan siap saji, sembako dan belanjaan aja sudah tersedia. Keren beud dah.

    BalasHapus
  69. GoFresh make your day FRESH, untuk jualan sih bahan-bahan memang harus fresh agar makanannya menjadi enak.

    BalasHapus
  70. Baru tahu ada fasilitas Go Fresh, mana semua yang tersedia dalam kondisi fresh ya pastinya. Membantu sekali pas pandemi gini.

    BalasHapus
  71. Salah satu kemajuan jaman nih. Beryukur banget idup di generasi ini. Karena semuanya jadi serba mudah ya kak

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9