10 Kegiatan Produktif dan Berfaedah Selama Gap Year

Sabtu, 25 Juli 2020
Kegiatan menyenangkan saat gap year

"Bu, kalau saya nggak lolos SBMPTN tahun ini. Lalu saya ke mana, Bu?" Keluhnya. 

Guratan kesedihan tampak di wajahnya. Senyumnya seketika meredup. Kedua matanya berkaca-kaca.

Sebagai guru, saya hanya bisa memberinya saran. Tidak bisa banyak membantu kecuali ucapan semangat menguatkan.

"Nak, tidak lolos SBMPTN bukan berarti kamu gagal,lho. Bisa coba tahun depan."

"Kalau nunggu tahun depan, terus saya ngapain, Bu?" tanyanya penasaran sekaligus bimbang.

Akhirnya, malam itu kami berbincang cukup panjang. Saya mencoba memberi masukan tentang beberapa hal yang bisa dilakukan ketika nanti dia gagal di ujian SBMPTN tahun ini. Sebenarnya bukan bermaksud mengecilkan hatinya tetapi saya berusaha meminta dia untuk siap-siap menerima kegagalan. 

SBMPTN ini bisa diibaratkan seperti ajang kompetisi. Bahkan bisa dibilang kompetisi yang tingkat persaingannya tinggi. Sekalipun sudah dibuat zona tiap daerah, tetap saja proses bersaingnya tidak bisa diremehkan. Untuk itu, saya memberi saran pada siswa tersebut agar lebih legowo dengan hasilnya nanti. 

Padahal saya tahu, dia dilema. Apalagi bulan ini seleksi masuk perguruan tinggi sebentar lagi usai. Dan siswa dag-dig-dug menunggu hasil pengumumannya. Pasti pikiran mereka nggak tenang. 

Bagaimana jika gagal SBMPTN?

Apapun hasilnya nanti, saya hanya berpesan kepada siswa tersebut. Kegagalan hari ini jangan dijadikan patokan berputus asa meraih mimpi. 

Karena perjalanan mereka masih panjang. Bukan berarti tidak lolos SBMPTN membuat kita bermuram durja melangkah ke masa depan. Jika tidak lolos di perguruan tinggi, tidak ada salahnya mencoba mendaftar di kampus swasta. Pilih saja sesuai jurusan yang diminati.

Namun, jika tidak ingin mencobanya di kampus swasta, sementara ingin tetap berjuang di tahun berikutnya. Hari-hari kalian bisa digunakan untuk melakukan hal-hal bermanfaat, selama masa tunggu masuk ajaran baru tahun depan lagi. Istilah kerennya disebut GAP YEAR. Adalah sebuah kondisi ketika seseorang memutuskan untuk tidak kuliah di tahun pertama setelah lulus dari sekolah. 

Dan tidak usah khawatir apalagi minder memilih untuk gap year. Justru saat masa menunggu tersebut, kalian mempunyai banyak kesempatan untuk melakukan kegiatan produktif selama gap year, lho.

Mengapa kegiatan produktif tersebut perlu?

Tentu saja agar PEJUANG SBMPTN bersemangat. Jika selama gap year atau waktu menunggu ujian seleksi berikutnya kamu habiskan di rumah tanpa kegiatan, kemalasan akan melanda. Semangat mungkin saja hilang. SBMPTN berikutnya akan dihadapi tidak dengan persiapen penuh. Sayang bukan?

Baca juga: Gagal SBMPTN? Bersyukurlah. Ada 7 Hal yang Perlu Dipertimbangkan. 

10 Kegiatan Produktif Selama Gap Year


Kegiatan produktif selama gap year

Apakah ada kegiatan produktif selama gap year? Tentu saja! 

Kegiatan ini bukan hanya membuat kalian lebih bersemangat.Tetapi juga menambah pengalaman. Selain itu, beberapa hal dapat juga dijadikan bekal masa depan setelah kuliah nanti.

Ingin tahu apa saja yang dapat dlakukan ketika menganggur selama setahun? Ini beberapa kegiatan bermanfaat bagi pejuang gap year.

1. Kesempatan Untuk Menggali Passion


Kegiatan bermanfaat saat gap year


Ngomongin soal passion, saya jadi bercermin pada diri sendiri. Dulu pernah berpikir, saya merasa salah masuk jurusan saat kuliah. Pengennya psikologi, eh, masuknya malah ke jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Ini sih keinginan orang tua ya? Hahaha 

Nah, jika tidak ingin merasakan seperti saya yang kadang berpikir salah masuk jurusan saat kuliah. Selama masa gap year, alangkah baiknya dimanfaatkan untuk menggali passion.

"Kamu, passion-nya apa? Hobinya apa?"

Coba deh mulai digali selama masa gap year. Mungkin selama sekolah, waktu untuk mengembangkan hobi sangat terbatas. Inilah waktu yang tepat untuk mengembangkan passion dan hobi tersebut.

Beberapa hobi dapat menjadi cara menghasilkan uang bagi pejuang gap year.

Misalnya, kamu memperdalam hobi otomotif. Keterampilan yang dimiliki nantinya dapat berguna membantu teman dan tetangga mengatasi masalah kendaraan mereka.

Calon mahasiswa dengan hobi menulis atau fotografi dapat juga memperdalam dan menawarkan jasa menulis dan foto kepada banyak orang. Di era digital, keterampilan copywriting yang mencakup tulisan dan desain foto produk sangat dibutuhkan.

2. Mengikuti Kursus atau Seminar


Kegiatan produktif selama gap year


Kegiatan bermanfaat saat gagal SBMPTN selanjutnya adalah mengikuti kursus atau seminar yang sesuai passion atau minat. 

Kursus dan seminar dapat mengembangkan hobi atau meningkatkan pengetahuan tentang materi kuliah yang kamu inginkan kelak.

Tidak sulit untuk mencari kursus dan seminar yang cocok di masa ini. Banyak lembaga yang menyelenggarakan training secara online atau offline. Kamu tinggal menyesuaikan dengan minat, dana, dan waktu.

Selain manfaat di atas, di sini kamu juga menambah pengalaman, wawasan, koneksi, dan teman. 

3. Magang Kerja 


Kegiatan produktif selama gap year

Magang kerja dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mempunyai kegiatan produktif saat gagal SBMPTN. Namun, harus diingat bahwa pilihan ini tidak boleh mengganggu waktu kamu belajar. 

Jadi, pilihlah pekerjaan yang part time atau freelancer.

Kamu tidak perlu memikirkan fee atau gaji dulu. Biasanya, perusahaan yang menerima pekerja magang minimal akan memberikan biaya transport. Di sini kamu akan berkenalan dengan banyak orang, menambah koneksi, dan pengalaman bekerja di bidang yang disukai.

4. Jalan-Jalan atau Traveling


Aktivitas menyenangkan selama gap year


Kamu suka jalan-jalan alias traveling?
Libur selama setahun juga dapat kamu manfaatkan untuk traveling, jika dana memungkinkan. 

Namun, traveling kali ini harus mempunyai tujuan yang lebih lho! Bukan sekadar jalan-jalan atau rekreasi. Pilihlah tempat-tempat yang mendukung hobi dan minat. 

Misalnya, kamu yang suka melukis. Carilah tempat yang di sana banyak seniman lukis sehingga memungkinkan kamu belajar.

Kamu yang berniat akan memasuki jurusan sejarah, tidak ada salahnya mengunjungi cagar budaya atau tempat bersejarah. Perjalanan ini akan menimbulkan kesan lebih dibandingkan travel ke tempat yang tidak ada hubungannya dengan minat, berswafoto, dan menghabiskan biaya.

5. Menjadi Relawan


Kegiatan menyenangkan selama gap year


Ingin kegiatan yang unik dan berbeda? Jadilah relawan.

Kamu bisa menjadi relawan bidang pendidikan, bahkan relawan covid-19. Lembaga penyalur relawan biasanya tidak memberikan banyak syarat. Yang penting kamu siap untuk rela berkorban, termasuk tidak dibayar.

Banyak manfaat yang kamu ambil dari kegiatan produktif selama gap year ini dengan menjadi relawan. Kamu dapat menempa diri menjadi lebih dewasa, meningkatkan rasa simpati dan empati, menambah wawasan, teman, dan koneksi. 

Banyak tempat dan orang yang mungkin belum pernah kamu kenal akan ditemui. Pengalaman yang diperoleh tidak kalah menarik dari kegiatan lain.

6. Olahraga


Kegiatan produktif saat gap year

Tidak mau kerja magang?

Olahraga bisa dijadikan pilihan aktivitas menyenangkan selama gap year. Selain menyehatkan, juga menjadi sarana rekreasi murah. 

Dengan kegiatan ini kamu dapat tetap bertemu dengan orang-orang di luar dan menambah informasi yang dimiliki. Kebiasaan bangun pagi juga tetap dapat dipertahankan.

Baca juga: Apa itu Gap Year? Dan Haruskah Ambil Gap Year? 

7. Belajar Lebih Giat


Kegiatan mengasyikkan selama gap year


Tentu saja jika kamu memutuskan untuk menunda kuliah dan ikut kembali SBMPTN tahun depan, hal pertama yang harus direncanakan adalah belajar lebih giat. Dengan belajar, paling tidak kamu akan lebih siap menghadapi ujian tahun depan.

Jika memungkinkan, ikut bimbingan belajar khusus SBMPTN dapat dilakukan. Di sana kamu akan dibimbing belajar lebih intensif.

8. Mempererat Hubungan dengan Tuhan, Keluarga dan Teman


Aktivitas menyenangkan saat gap year

Menunggu selama satu tahun untuk program masuk ke perguruan tinggi memang terlihat lama. Padahal satu tahun ini akan berjalan dengan cepat jika kamu melakukan kegiatan menyenangkan agar gap year tidak membosankan.

Misal saja dengan mendekatkan diri pada Tuhan, mempererat hubungan dengan keluarga dan teman sebelum masa-masa sibuk nanti. Dengan begini, kamu mencoba menjadi pribadi yang lebih baik, lho.

9. Berbisnis Online


Kegiatan produktif selama gap year


Mencari uang dari rumah untuk calon mahasiswa? Bisa banget. 

Kamu dapat memanfaatkan gadget pintar untuk kegiatan mengasyikkan selama gap year. Jadi, gadget yang kamu miliki berubah fungsi pada aktivitas berfaedah dengan menghasilkan uang sendiri tanpa membebani orang tua. 

Selain itu, kamu juga bisa belajar mandiri finansial sekaligus mengelola keuangan dengan baik, yang mungkin dampak positifnya bakal kamu rasakan saat kuliah nanti.

10.Perkaya Wawasan dengan Membaca


Aktivitas produktif saat gap year

"Waduh, kalau memilih gap year, gue pastinya ketinggalan ama teman-teman dong. Jadi malu euy nanti kalau ketemuan di acara reoni. Gimana dong?!"

Tidak sedikit anak muda yang berpikir demikian. Siswa saya pun begitu. Gengsi karena tertinggal dengan teman-teman seangkatan seringkali membuat mereka berpikir bahwa gap year terasa membosakan. Terus ngapain di rumah aja? 

Eits ...  di rumah aja tidak lantas membuatmu menjadi kaum rebahan kok. Bahkan kamu juga tidak tertinggal dengan teman seangkatan meski setelah lulus SMA tidak langsung kuliah. Selama masa gap year, kamu bisa melakukan aktivitas seru untuk menambah wawasan. 

Kuliah itu tidak seperti masa-masa sekolah di SMA. Kamu dituntut menjadi seorang mahasiswa yang kaya wawasan. 

Untuk itu, sembari menunggu pendaftaran masuk perguruan tinggi tahun depan, kamu bisa menghabiskan waktu di rumah dengan banyak membaca atau memutar video-video berbau motivasi. Banyak membaca dan menonton video positif, secara tidak langsung akan membuatmu lebih luas dalam memandang masa depan.

Guys, banyak bukan kegiatan produktif selama gap year? 

Kamu dijamin tidak akan bosan jika memilih opsi tersebut dan mencoba kembali SBMPTN tahun depan. Tidak perlu malu atau merasa tertinggal dengan teman-teman seangkatan, menunda kuliah tidak sama dengan tidak naik kelas ketika sekolah. Terus semangat, ya, pejuang gap year! 

2 komentar on "10 Kegiatan Produktif dan Berfaedah Selama Gap Year"
  1. Siapa tahu juga dari kegiatan produktif itu bisa menghasilkan selama masa penantian. Iya nggak sih? Hehehe

    BalasHapus
  2. dulu jarak anatara lulus SMA sampai amsuk kuliah hampir 3 bulan,a ku pakai buat les potong rambut, les make up

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9