Apakah Kerja Online Bisa Menghasilkan Uang?

Kamis, 14 Mei 2020
Kerja online mudah modal hp

Masih banyak kalangan yang belum memahami bahwa kerja online itu bisa menghasilkan. Menurut mereka bekerja secara online tidak bisa memiliki pegangan hidup yang pasti di masa depan. Benarkah?

Saya pribadi gemas jika ada pernyataan seperti di atas. Siapa bilang seseorang yang bekerja online itu tidak memiliki pegangan hidup? Mau ditunjukkan buktinya? Ah, saya kenapa jadi nyolot begini ya. hehehe 

Ceritanya, saya terinspirasi menulis ini dari hasil curhatan teman yang saat ini berprofesi sebagai freelancer. Sementara dari lingkungkan sekitar meremehkan karena dia bekerja dari rumah hanya dengan memakai seragam kebanggaan ibu rumah tangga. Sebut saja daster. 

Namun berbeda pandangan di lingkungan teman saya tersebut, bahwa seseorang disebut kerja adalah dia yang mengenakan seragam dinas. Rapi dan bersih. Kemudian dia akan mendapatkan gaji tetap setiap bulannya. Sementara kerjaan teman saya tadi seragamnya saja baju rumah biasa. Mana bisa disebut bekerja? Dapat uang dari mana?

Nah, Jika Anda berada di posisi teman saya ini, bagaimana perasaan Anda?

Dulu, saya pernah merasakan diremehkan karena memilih bekerja secara online sambil merawat anak-anak di rumah. Katanya, nanti dapat uang darimana?

Justru pemikiran Dapat uang darimana  Kerjaan online tidak bisa dijadikan pegangan hidup inilah yang harus diluruskan. Gimana kalau kita jalan-jalan lebih jauh sesuai dengan realita yang ada. Hidup di zaman apakah saat ini?

Kenapa Memilih Kerja Online? 


Menurut ahli yang sudah terjun lebih dulu di dunia online, mereka bilang kerja online menjadi alternatif berpenghasilan dengan cepat dan mudah. Kenapa bisa demikian?

Tahukah, Anda hidup di sebuah zaman yang serba mudah dan modern dengan kecanggihan teknologi digital yang sangat mumpuni. Pasalnya, untuk bekerja tidak terlalu repot seperti zaman dahulu. Jadi, jika Anda mempunyai ponsel pintar saja. Peluang pekerjaan akan mudah dicari. 

Bekerja secara online, maka Anda tidak perlu berpanas-panasan di jalan sambil membawa surat lowongan kerja ke sebuah perusahaan. Anda cukup mencari info lowongan kerja online dari rumah dengan sekali klik di halaman google. Anda juga tidak perlu malu jika ditolak saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan secara offline. Karena penolakan lamaran secara online, Anda saja yang tahu, bukan?

Menariknya lagi, peluang kerja online ini pendapatannya bisa menyamai seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan offline. Syaratnya, pekerjaan online yang Anda tekuni benar-benar sesuai dengan bidang dan kemampuan. Bahkan, jika Anda memiliki skill yang benar-benar dibutuhkan dalam peluang kerja online, tidak mustahil gaji besar akan didapatkan dengan mudah. Jadi, kerja online tidak lagi sekadar isapan jempol belaka, bukan?

Nah, di sinilah orang-orang yang masih memandang remeh soal kerja online harus benar-benar tahu. Bahwasanya, kuota internet habis bukan untuk mainan saja. Tetapi benar-benar bisa menghasilkan uang. Namun perlu diingat, terjun untuk mencari peluang pekerjaan online membutuhkan ilmu, dan Anda harus mencari tahu ilmu tersebut, lalu mempelajarinya. Dan terakhir, Anda praktikkan dengan konsisten. 


Apa sih Definisi dari Kerja Online? 


  • Kerugian kerja online


Kerja online adalah sebuah profesi yang mengandalkan internet untuk mencari penghasilan. Internet menjadi media utama yang akan menghubungkan Anda dengan klien. Menurut saya, kerja online merupakan pekerjaan paling fleksibel karena Anda bisa bekerja di mana pun dan kapanpun tanpa terikat waktu dan tempat. 

Tidak hanya itu, mencari pekerjaan di internet juga dirasa lebih mudah dibanding melamar pekerjaan konvensional. Pastikan Anda memiliki kelebihan skill yang bisa ditawarkan ke klien. Buatlah portofolio yang menarik dan memikat hati klien sebagai bukti bahwa Anda mampu menjalankan pekerjaan online tersebut. Jika Anda sudah melakukan cara-cara tersebut. Kerja online berpenghasilan bukanlah hal yang sulit. Justru lambat laun Anda akan ketagihan. Nggak percaya? silakan dicoba. Dan jalankan kerja online secara profesional, ya. 

Keuntungan dan Kerugian Kerja Online dari Rumah


Kerja online dari rumah

Kerja online dapat uang dari rumah dijadikan sebagai profesi seutuhnya maupun pekerjaan sampingan, tetap saja layak dipertimbangkan. Faktanya, tidak sedikit orang yang berhasil ketika mereka mencoba menekuni kerja online ini. 

Namun, apapun jenis pekerjaannya, yang namanya keuntungan dan kerugian pasti ada. Jadi, penting bagi Anda untuk memahami apa saja plus dan minus saat menjalankan kerja online. 

Selain itu, ketika ada seseorang yang mencoba menanyakan apa profesi Anda selama ini, setidaknya ada jawaban cerdas yang patut dibanggakan. 

Nah, berikut keuntungan dan kerugian bekerja secara online yang wajib Anda tahu.

Keuntungan Kerja Online 

  • Waktu yang dibutuhkan saat bekerja sangat fleksibel. Anda bisa mengatur waktu sendiri, kapan Anda harus bekerja sekaligus menyisihkan waktu untuk aktivitas yang lain
  • Bisa Bekerja di mana saja 
  • Memangkas Pengeluaran karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang bensin untuk kendaraan
  • Penghasilan besar dan menjanjikan 
  • Lebih Banyak waktu dengan keluarga
  • Tidak memiliki atasan sehingga tidak stress akibat beban pekerjaan
  • Pangsa pasar luas 
  • Produktivitas meningkat 
  • Mendapatkan kepuasan kerja 
  • Bisa menciptakan suasana aman, nyaman, dan kondusif
  • Memungkinkan dapat menekuni beberapa pekerjaan dalam satu waktu
  • Tidak repot berpakaian secara resmi atau mmengikuti tata tertib kantor 

Kerugian Kerja Online

  • Menurunnya motivasi kerja 
  • Biaya listrik dan internet meningkat
  • Komunikasi yang kurang lancar
  • Mudah bosan dan jenuh
  • Ketergantungan dengan perangkat teknologi
  • Tergoda untuk melakukan aktivitas lain, seperti mainan media sosial sehingga bisa membuat Anda kehabisan waktu
  • Tidak mampu menilai performa sendiri
  •  Lebih sering begadang di malam hari untuk meenuntaskan pekerjaan tepat waktu

Baca juga: 12 Cara Mudah Membuat Blog Menghasilkan Uang Untuk Blogger Pemula

30 Rekomendasi Pekerjaan Online 


kerja online 2020

Sebenarnya, kerja online maupun offline tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Yang membedakan keduanya hanya soal waktu dan tempat. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa kerja online ini ternyata banyak peminatnya. Selain waktu dan tempat yang fleksibel, pilihan profesi online cukup beragam. Yang paling penting Anda memiliki skill mumpuni serta mampu memahami permintaan klien. Thats the point ya. 

Nah, berikut beberapa profesi online yang digemari dan cukup popular.

  1. Web Developer
  2. Web Designer
  3. Blogger
  4. Penulis 
  5. Design Grafis
  6. Penerjemah Buku
  7. Penerjemah Dokumen
  8. Editor Buku
  9. Editor Website
  10. Copywriter
  11. Penulis Transkrip
  12. Online shopper
  13. Konsultan online
  14. Praktisi SEO
  15. Tutor online
  16. Content Writer
  17. Data Entry
  18. Survei Online
  19. Menjual foto secara online
  20. Kerja online ad clicking
  21.  Fotografer
  22. Reviewer
  23. Affiliate marketing 
  24. Software designer
  25. Virtual assistant
  26. Freelancer
  27. Web Software Enginer
  28. Voice Over
  29. Digital Marketer
  30. Influencer

Situs Lowongan Pekerjaan Online


Kerja online dari rumah

Pekerja online dituntut produktif. Anda harus memanfaatkan setiap peluang yang ada di depan mata. Berikut beberapa daftar situs online yang bisa Anda lirik sebagai sumber penghasilan dari rumah. 


  1. Freelance.com
  2. Sribulancer.com
  3. Project.co.id
  4. Upwork.com
  5. Fiver.com
  6. Fastwork 
  7. StudentJob
  8. Ruangguru
  9. iWriter
  10. 99designs

Di tengah ketatnya persaingan dunia kerja, maka tidak ada salahnya kerja online menjadi solusi agar mendapatkan penghasilan lebih cepat. Di atas merupakan beberapa peluang kerja online yang cukup populer. Silakan dicoba ya. Semoga tulisan ini bermanfaat.  

Oh ya, Meskipun tulisan saya hanya terinspirasi dari curhatan teman yang diremehkan karena dia lebih memilih kerja online. Harapannya tulisan ini mampu mencerahkan bahwa kerja online tidak bisa dipandang sebelah mata. 

Seiring dengan berkembangnya era digital, tidak menutup kemungkinan apabila beberapa tahun ke depan akan lebih banyak beralih ke online. Untuk itu, mulailah ubah mindset dan belajar mengikuti perkembangan teknologi.  Dipastikan, Anda siap menghadapi perubahan yang lebih baik. 
9 komentar on "Apakah Kerja Online Bisa Menghasilkan Uang? "
  1. Wih ,ternyata banyak juga pekerjaan yang bisa dilakukan secara online. Insyaallah sama-sama menghasilkan ya, Mbak

    BalasHapus
  2. setuju mba, sekarang ini udah banyak platform yang menghubungkan perusahaan dan pencari kerja melalui internet, kerja pun bisa dari mana aja
    dulu memang pandangan orang yang kerja di rumah sering dianggap nggak kerja, pengangguran gitu
    sekarang gaji freelance bisa dikatakan sama seperti mereka mereka yang kantoran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup. Ini betul banget mbak. Saya pun merasakan banget soal hasil kerjaan online

      Hapus
  3. Ga abis pikir kalo ada orang yg meremehkan pekerjaan online ato freelancer yg bekerja secara online ini. Aku sendiri kalo memungkinkan malah pengen kerja online begini, jd ga harus DTG ke kantor. Lebih enak, LBH fleksibel dan Deket Ama anak2.

    Sejak covid ini, kantorku dan suami juga jd menerapkan Wfh . Dan itu asyik siiih.malah LBH asyik drpd kerja lgs di kantor. suami sampe berharap semoga ntr seterusnya company LBH serius utk menerapkan wfh gini, Krn toh bikin cost jadi lebih bisa ditekan juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kayaknya seru nih mbak. Bekerja bareng pasangan di rumah. Sebenrnya soal kerja di rumah ini soal mindset orang sekitar yang belum paham akan perubahan era digital mbak

      Hapus
  4. Saya udah 10 tahunan kerja dari rumah. Omongan miring banyak saya terima mulai dari dianggap pengangguran hingga dituduh ikut kelompok terlarang. Ada tetangga pernah nanya istri nggak kerja, saya juga nggak kerja lalu yang nafkahin keluarga siapa wkwkwkwkw. Lama2 biasa sih. Sering juga dimintai bantuan servis komputer/laptop, lah saya sendiri aja nyervis di orang lain kok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkkw... Kalimat akhirnya bikin saya ngakak nih kak. Iya memang begitulah ya anggapan orang. Karena definisi kerja menurut mereka masih tentang pakai baju dinas dan rapi. Hihi

      Hapus
  5. Aku protes nih kok trader saham nggak dimasukkan? Kan dia online juga, wkwkwk ...

    Aku merasakan banget sih semua hal di atas terkait kerja online. Diremehkan iya, bebas mengatur ritme kerja iya, turunnya motivasi juga iya. Eh tapi aku termasuk pekerja online yang nggak dasteran. Selain lebih semangat kalau tetap rapi dan lipstikan, aku nggak punya daster, huahahaha ...

    Semangat, ah. Intinya, dengerin kata orang mah nggak ada habisnyaaa. Yuuuk semangat jemput rezeki ajaaa.

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9