Serba-serbi kehidupan di mata Malica

Puisi : KE MANA OBAT HENDAK DICARI KETIKA LISAN MELUKAI HATI

Rabu, 27 Desember 2017

Seumur-umur yang namanya puisi, saya paling nggak suka. Nah, berhubung mengikuti challenge dan dituntut harus BISA, mau tak mau saya pun harus mencoba. Hihi

Entah puisi lama yang berbentuk syair ini layak dibaca atau tidak. Yang penting ada rasa puas ketika teman-teman yang ada di facebook saya berkenan untuk membaca dan klik tombol "Share" di beranda mereka. Hihi

Seenggaknya tulisan syair saya ini bisa untuk pengingat saya pribadi betapa lisan ini sangat tajam ketika sedang terpeleset. Hingga mampu melukai hati seseorang.

Be careful aja lah. Hihi

Nah, silakan dibaca ya karya saya yang masih butuh banyak perbaikan ini.

KE MANA OBAT HENDAK DICARI KETIKA LISAN MELUKAI HATI
                      
Wahai kawan sejati
Dengarlah celotehku pagi ini
Bukan sajak bukan puisi
Sebatas syair pengingat diri

Akulah sang wanita pelari
Walau jatuh ingin terus berdiri
Kadang kerikil menyandung diri
Ku tetap berlari menggapai mimpi

Wahai kawan sejati ….

Makin hari langkahku berat
Kepala tertunduk susah diangkat
Pandangan kabur tak akurat
Tanpa tujuan yang lengkap

Tapi bukan aku jika mudah menyerah
Terus bangkit melawan arah
Demi masa depan yang cerah
Walau masalah setinggi galah

Ya, Akulah wanita tangguh
Bertahan agar tidak terjatuh
Meski dada bergemuruh
Tetap tegar tanpa mengaduh

Tapi riak gelombang lagi menyapa
Penuh angkuh angkara murka
Tanpa ingat siapa dirinya
Dari mana dia tercipta

Padahal hidup hanya sementara
Di dunia yang fana
Tak pantas saling menghina
Apalagi tanpa bukti nyata

Namun Aku wanita kuat
Yang akan banyak berbuat
Tak peduli lisan mengumpat
Tetap melangkah menguatkan tekad

Mendekatkan diri padaNya lekat
Tak lupa ibadah dan bersholawat
Agar mendapat nikmat akhirat
Hingga Tuhan mengangkat derajat

Terima kasih duhai sahabat
Lisan tajammu membuatku kuat
Walau luka hati yang tersemat
banyak hikmah yang kudapat

2018, Masih Bingung Mengajarkan Anak Cinta Islam? Yuk, Baca kisah 30 Malam Bersama Nabi!

Jumat, 22 Desember 2017

Bunda, masihkah kesulitan mengajak anak agar suka membaca? Terutama membaca yang berkaitan tentang islam. Pasti bikin Bunda resah, Bukan?

Nah, semoga artikel saya ini mencerahkan dan membantu banyak Bunda dalam mengajarkan anak-anak agar lebih suka membaca ya, terutama tentang islam.

Pasti Bunda tahu, bahwa minat baca anak di Indonesia itu sangat kurang sekali, apalagi yang berhubungan dengan agama. Oleh karenanya, Bunda sebagai orang tua harus lebih kreatif dalam mengajarkan anak agar gemar membaca dan mengenal islam sedini mungkin.

Kenapa harus cinta islam sejak dini?

Mengajarkan anak tentang agama sejak dini bisa  membantu pada perkembangan, akhlak, sikap, perilaku, pengetahuan, keterampilan dan kreatifitas  anak untuk mewujudkan generasi masa depan yang bertaqwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia. Itulah kenapa anak harus dididik lebih dini untuk cinta islam.

Mengajak anak cinta islam sendiri memang tidak mudah, tapi tidak ada salahnya Bunda mencoba. Misalnya dengan membacakan dongeng tentang kisah 30 malam bersama Nabiku secara teratur ketika menjelang tidur.

Yup, ini dongeng recommended banget menurut saya. Salah satu karya dari sahabat saya Mbak Dedeh Sri Ulfah,  yang baru saja diterbitkan oleh Penerbit Elexmedia Kompetindo. Kenapa saya sarankan dongeng 30 Malam bersama Nabiku untuk mengajarkan anak agar cinta islam? Berikut alasannya :

  1. Bahasa yang digunakan dalam Buku 30 malam bersama Nabiku ini sangat mudah dipahami oleh anak-anak.
  2. Ilustrasi gambar menarik
  3. Ditulis dengan metode tematik jadi tidak membosankan.
  4. Ada lembar kerja di setiap bab cerita. Tujuannya agar anak bisa lebih memahami cerita dengan lembar kerja tersebut
  5. Dongeng singkat, jelas, dan sarat pesan moral

Bagaimana? Pasti anak-anak suka membaca dan nyaman belajar islam tanpa dibaca. Habisnya bukunya kece habis sih. Ada lembar kerjanya juga. Bikin penasaran! 

Saya bocorin daftar ceritanya ya, pasti Bunda pengem buru-buru beli. 


Wah, makin tambah penasaran ya, Bunda. Cocok banget buat anak-anak kita. Tapi tunggu dulu. Ada yang lebih menarik lagi yaitu ilustrasi yang disertai dengan contoh lembar kerja. 
Seperti ini contohnya : 

Nah, sangat menarik dan unik, bukan dongeng 30 malam bersama Nabiku? Bunda ingin membeli?

Boleh, kok. Tapi tunggu dulu. Sebelum Bunda membeli buku ini untuk sang buah hati, alangkah baiknya saya ingatkan, jangan sampai ada penyesalan di antara kita. Soalnya Buku dongeng satu ini kecenya kebangetan sih.

Jadi daripada kehabisan, silakan Bunda hubungi No. Ini ya 0822177107107. Secepatnya!
Atau bisa langsung beli di toko buku terdekat juga boleh.

Semoga bermanfaat😊

RESOLUSI 2018, SUDAHKAH?

Rabu, 20 Desember 2017

Tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun. Ternyata waktu sangat cepat berjalan ya. Cukup banyak pencapaian impian dan harapan yang sudah terealisasi, tak sedikit juga harapan serta impian yang belum tercapai. Akankah saya bersedih? Tidak. Impian dan harapan di tahun ini yang belum tercapai bukanlah sebuah kegagalan. Saya anggap ini sebuah penundaan sementara. Di mana saya bisa membuat lagi daftar impian tersebut di tahun 2018 nanti. Lantas sudahkah membuat daftar impian?

Sebelum berbicara tentang daftar impian, alangkah baiknya kita mengetahui dulu sebenarnya apa sih arti dari resolusi itu sendiri. Seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang. Tak tahu makna resolusi, maka kita tidak akan bisa membuat resolusi tersebut. Betul?

Oke. Langsung saja ya ...

Apa sih resolusi itu? Menurut KBBI resolusi adalah suatu tujuan yang hendak dicapai untuk tahun-tahun ke depan.

Jadi, resolusi itu ibarat sebuah rencana kehidupan yang dirancang dengan baik dan detail agar impian, harapan, serta keinginan bisa terealisasi. Semua itu bisa tercapai tentunya harus disertai dengan kerja keras, usaha, dan doa yang dilakukan secara konsisten.

Ya, mungkin kita tidak bisa seratus persen berhasil, tetapi setidaknya kita sudah berusaha serta menyiapkan segala hal dengan terencana dan tertata rapi. Karena kita tahu bahwasanya kalkulator manusia itu tidak seakurat kalkulator Tuhan, namun tidak ada salahnya kita mencoba, bukan?

Lantas penting nggak sih membuat resolusi itu?

Jika ada sebuah pertanyaan yang menanyakan penting dan tidaknya resolusi, tentu sangat penting sekali. Karena dengan adanya resolusi otomatis kita akan belajar mengevaluasi impian yang belum tercapai dan melanjutkannya di daftar list tahun berikutnya. Jika tidak berhasil lagi, ya dicatat lagi di tahun selanjutnya. Hehehe...

Dan jangan lupa, ketika membuat sebuah resolusi hendaknya disusun sangat jelas. Kenapa? Semata-mata agar memudahkan kita untuk menuliskan target yang jelas. Bila perlu tulis lengkap mulai dari tanggal, bulan, dan tahun sekalian. Dengan begitu kita pasti bersemangat untuk action.

Setelah tahu pentingnya resolusi, pasti pada penasaran bukan tentang apa saja impian saya pada tahun 2018 nanti?

Impian saya nggak muluk-muluk, saya hanya berkeinginan dan menyakininya bersama Tuhan tak ada yang mustahil.
1. Berbagi lebih banyak lagi, baik materi maupun non materi.
2. Terbit buku solo
3. Bisnis jaringan berkembang pesat. Setidaknya naik ke level manager dalam waktu satu tahun.
4. Konsisten menulis di blog karena ingin mengikuti jejak para mastah di dunia perblogan.

Sepertinya cukup, kalaupun ada lagi nanti di catat sendiri dalam buku diary. Hehehe.. Bantu doa ya...

Nah, sedikit catatan kecil. Ketika kita sudah menyusun rapi target di tahun 2018, otomatis jiwa dan raga kita sudah siap menyambut tahun baru. Siap melakukan perubahan, dan siap lebih banyak action dari sebelumnya.

Agar lebih bersemangat lagi buatlah catatan-catatan kecil apa impian yang ingin kita capai semenarik mungkin. Kemudian tempelkan di tempat yang sangat mudah terlihat oleh mata. Misal, di cermin, di pintu almari baju, di kulkas, dan lain-lain. Pokoknya di tempat yang sering dilihat ya.

Selamat mencoba ^_^

JEJAK WISATA TERSEMBUNYI DI KOTA LAMONGAN

Minggu, 10 Desember 2017


Lamongan, seberapa jauh Anda mengenal kota ini? Sudahkah Anda mengeksplorasi daerah ini? Rasanya belum lengkap jika Anda memutuskan untuk travelling ke sebuah kota, sedangkan Anda belum tahu apa saja yang menarik dari kota tersebut. Yuk, kenalan!

Lamongan memang termasuk kota kecil di Jawa Timur. Namun, karena prestasinya yang tujuh kali berturut-turut meraih penghargaan kota Adipura Kencana ini, namanya tidak asing lagi didengar oleh khalayak umum.

Ditambah lagi dengan wisata kuliner yang khas, yaitu soto Lamongan, serta objek wisata yang terkenal seperti Wisata Bahari Lamongan (WBL) membuat kota Lamongan semakin bersinar.

Nah, berbicara tentang objek wisata di Lamongan, ternyata masih banyak tempat-tempat wisata yang belum terekspos secara luas. Dan artikel ini akan menyajikan ulasan beberapa objek wisata yang tersembunyi di kota Lamongan. Kira-kira apa sajakah itu? Yuk, simak ulasan singkat berikut ini.

1. Pantai Kutang


Nama pantai yang aneh, bukan? Bagaimana tidak, Kutang dalam Bahasa Indonesia itu berarti pakaian dalam wanita. Lantas kenapa kota Lamongan memakainya untuk menyebut nama pantai?

Menurut cerita rakyat, konon setiap orang yang berkunjung ke pantai ini suka meninggalkan pakaian dalam di pinggiran pantai, termasuk bra atau kutang. Dari sinilah nama “Pantai Kutang atau Virgin Beach” ini disematkan oleh warga sekitar.

Namun, siapa sangka nama yang tidak lazim itu justru mengundang rasa penasaran para wisatawan untuk datang ke pantai tersebut. Panorama pantai kutang begitu eksotis. Tidak hanya menawarkan keindahan pasir putih tetapi juga rimbunnya hutan mangrove yang menyejukkan jiwa. Jadi, pantai ini cocok banget dikunjungi oleh Anda yang sedang dilanda kegalauan putus cinta dan banyaknya tugas pekerjaan.

Dan juga Anda bisa menemukan Pantai Kutang ini di Dukuh Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Brengkok, Lamongan. Akses menuju ke pantai ini juga cukup mudah. Hanya saja jalan yang dilewati cukup ekstrim karena jalanan yang sedikit terjal. Jadi, Anda harus berhati-hati ya.

2. Gunung Pegat


Ketika berkunjung ke Amerika Serikat, Anda akan menemukan Green Canyon. Juga ketika pergi ke Semarang akan bertemu dengan Brown Canyon. Nah, di Lamongan juga ada yang hampir mirip dengan dua tempat tersebut, yaitu Gunung Pegat.

Gunung yang terletak di Desa Karang Kembang, Kecamatan Babat ini hanyalah gunung kapur biasa. Namun gunung yang dipercaya mempunyai cerita mistis bahwa setiap pasangan yang datang ke tempat ini akan berpisah, memiliki keindahan yang luar biasa.

Pesona alamnya tidak diragukan lagi. Sehingga Gunung Pegat ini sangat cocok untuk piknik keluarga saat liburan. Akses menuju tempat ini pun mudah. Anda bisa menggunakan sepeda motor, mobil pribadi, atau kendaraan umum. Dan jangan lupa membawa bekal air putih yang banyak, makanan, tissue, kamera dan perlengkapan lainnya agar Anda bisa berlama-lama menikmati keindahan di Gunung Pegat ini.

3. Waduk Gondang


Apakah Anda bingung menentukan tempat liburan? Coba deh berkunjung ke Waduk Gondang yang terletak di Desa Gondang Lor, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan.

Bukan hanya menikmati pemandangan Waduk yang membentang luas tetapi Anda juga bisa terjun langsung dengan menyewa perahu untuk berkeliling waduk tersebut. Selain itu, ada area bermain anak-anak yang menyenangkan. Dan yang paling penting, pesona keindahan alam Waduk Gondang ini akan membuat Anda ketagihan selfie kekinian.

Sedikit tips ketika Anda berkunjung ke Waduk Gondang ini. Memang, Waduk Gondang ini dibuka selama 24 jam dan tiket masuknya pun gratis. Namun, sebaiknya Anda berkunjung ke tempat ini di pagi hari, karena menjelang siang hari tempat ini sudah ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai desa/kota.

4. Wego Lamongan


Wego Lamongan adalah salah satu objek wisata yang baru dresmikan pada november 2016 lalu. Sebuah tempat wisata edukasi yang seru seperti flying fox, kereta gantung, panjat tebing, bebek air, perahu dayung dan water park ini sangat cepat memikat hati, khususnya warga Lamongan. Jadi tak heran jika sekarang tempat wisata edukasi ini ada tarif untuk tiket masuk sebesar 10.000 rupiah per orang.

Untuk lokasi Wego Lamongan terletak di desa Deketagung, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan. Akses menuju ke sana juga cukup mudah. Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau sepeda motor.

Bagaimana?Traveler, penasaran dengan beberapa objek wisata yang saya jelaskan di atas? jika iya, maka silakan berkunjung ke sana. Bisa pergi sendiri, bersama pasangan, maupun dengan keluarga besar. Semoga artikel tentang objek wisata di Lamongan ini bermanfaat, dan bisa menjadi alternatif tempat yang akan dikunjungi saat liburan tiba.

#30DWC