Serba-serbi kehidupan di mata Malica

Rabu, 27 September 2017



EFEK JIKA TIDAK RAJIN GANTI PEMBALUT

Tahukah anda? Ternyata tidak rajin mengganti pembalut saat menstruasi efeknya bisa membahayakan Miss V.

Tidak mau kan kita mengidap penyakit berbahaya karena lalai ganti pembalut?
Cari tahu yuk kira-kira bahaya apa saja itu.
  1. IRITASI
Saat menstruasi darah yang keluar mengandung Ph 7,3 - 7,4. Karena sifatnya yang basa inilah dapat mengubah pH normal kulit dan semakin meningkatkan risiko iritasi kulit. Iritasi bisa berupa rasa gatal, perih, kulit merah, basah, berair dan bau tidak sedap.
  1. JAMUR
Tidak rajin ganti pembalut juga mengakibatkan penyakit jamur candida albicans. Jamur ini menyebabkan keputihan pada wanita yang disertai rasa gatal yang cukup parah dan menggangu.
  1. KANKER SERVIKS
Penyebab kanker serviks selain dari perawatan tubuh yang tidak bersih, juga bisa dari faktor  pembalut. Kualitas pembalut yang buruk dan tidak rajin mengganti pembalut biasanya kita akan merasa lembab, gatal yang ujungnya keputihan hingga kanker serviks. Dalam pembalut yang tidak diganti terdapat mikroorganisme yang biasa tumbuh yaitu Human Papiloma Virus (HPV) penyebab kanker serviks. Human Papilloma Virus atau HPV adalah virus yang menginfeksi area kulit dan organ kelamin.

Untuk itulah, penting buat waniya yang sedang menstruasi agar sering mengganti pembalut minimal 3-4 kali dalam sehari agar terhindar dari penyakit organ intim.

Dan alangkah baiknya pilihlah pembalut yang aman. Tidak terbuat dari bahan daur ulang kertas serta yang mengandung dioxin seperti Moment Softly misalnya. Terbuat dari bahan herbal dan mampu membantu untuk terapi permasalahan pada organ kewanitaan seperti iritasi, terapi kista dan miom, membantu melancarkan haid dan untuk keputihan.

Minggu, 17 September 2017


CURHATAN EMAK

Emak tahu, gak? Ternyata menjadi perempuan itu tidak mudah lho…

Bagaimana tidak? ketika perempuan masih menyandang status single, dia bisa berbuat seenak hatinya. Ke mana-mana tidak ada yang melarang. Tidak mahir urusan rumah tangga seperti masak, nyuci, nyapu, dan lain sebagainya tidak ada yang meributkan. Nah, kalau sudah menikah apakah sama?

Tentu tidak dong, Mak. Perempuan yang sudah menikah akan mengalami perubahan 180 derajat dan kerempongan yang luar biasa dibanding dia masih berstatus single.
Nah, apa sih kira-kira yang membuat perempuan itu berbeda dan makin rempong setelah menikah?

  • Ketika perempuan sudah berani mengambil keputusan ‘menikah’ maka wajib bisa melakukan kegiatan yang namanya memasak.  Entah itu memasaknya sekedar merebus air, menggoreng ikan, atau menanak nasi di rice cooker saja. Kenapa harus bisa memasak? Selain untuk menghemat pengeluaran rumah tangga, memasak makanan sendiri di rumah lebih terjamin kesehatan dan kebersihannya.
    Alasan lainnya adalah menyajikan masakan rumahan kepada suami juga bisa menumbuhkan keharmonisan antara suami dan istri. Karena disaat suami memberikan pujian pada masakan istri, di situlah istri akan merasa dia sangat dihargai. Dengan begitu istri akan lebih giat lagi belajar dari awalnya tidak bisa berubah menjadi ‘mahir’. Sangat menyenangkan, bukan?
  • Setelah mahir memasak, perempuan yang sudah menikah juga harus bisa merawat anak.  Tidak bisa dipungkiri tujuan seseorang melakukan pernikahan adalah ingin mendapatkan keturunan. Betul? Jika memang begitu, keduanya harus berikhtiar agar segera mendapatkan momongan. Tapi jangan kaget ya, Mak. Biasanya tri semester pertama kehamilan kebanyakan bikin galau. Emak akan mengalami muntah, mual tiap hari, badan lemas nggak bergairah, mau makan saja susah. Pokoknya ibu hamil itu nikmatnya nggak ada yang ngalahin. Hehehe
    Lanjut tri semester kedua dan ketiga ya, Mak.Dari hari ke hari pasti perut Emak akan bertambah besar bak balon udara. Kaki juga  mulai bengkak, badan pegal, dan mau tidur pun tak bisa tenang. Selain itu, kebiasaan perempuan yang sedang hamil akan over sensitive. Duh, ngebayangin rempong banget ya, Mak? Tapi anehnya, perempuan sangat menikmati semua itu. Walaupun banyak mengalami banyak kesakitan dan kenikmatan hamil, melahirkan, dan menyusui. Jawabannya adalah karena kodrat! Ya, kodrat menjadi seorang perempuan di mana akan terus berjuang merawat dan membesarkan anak-anaknya dan menjaga suaminya.
  • Setelah mengalami kehamilan yang lumayan nikmat, kini, tiba saatnya fase melahirkan yang tidak kalah nikmatnya. Selain mempertaruhkan nyawa demi sang buah hati, perempuan melahirkan harus rela mengorbankan jatah istirahatnya demi merawat si kecil. Mulai dari menyusui si kecil, mengganti popok, dan lain-lain. Karena hal itu, perempuan bisa juga mengalami perubahan pada bentuk fisik. Misal payudara mulai kendor, badan melar, dan mata panda yang makin hari semakin hitam melebar. Bisa dibayangkan bukan betapa perjuangan seorang ibu sangat besar untuk anaknya.

Nah, melihat perubahan yang terjadi seperti di atas pada perempuan sebelum dan sesudah menikah sebaiknya kaum Adam yang resmi menyandang predikat suami lebih  menghargai dan memberikan perhatian pada perempuannya. Karena mereka ikhlas mengalami semua perubahan dan kerempongan juga semata-mata menunjukkan baktinya pada suami. Maka, sayangi dan cintailah mereka tanpa syarat. 
Rabu, 13 September 2017



Catatan Kecil Penyesalan

"Ibu kena tumor otak, Nduk."

Sepenggal kalimat pendek yang sangat membekas dalam ingatan. Saya pikir saat ibu mengucap kalimat tersebut di gawai, saya kira hanya bercanda. Tetapi nyatanya tidak. Inilah kenyataan yang harus saya dan keluarga hadapi.

Penyakit yang tergolong mematikan selain kanker sudah bersarang di dalam otak ibu.
Antara syok dan rasa takut berkecamuk menjadi satu. Rasa panik yang sempat membuat saya kehilangan kendali. Ah, entahlah. Saya sangat parno bagaimana jika sesuatu yang tidak diinginkan bakal terjadi. Naudzubillah

Akhirnya, saya mencoba mencari artikel-artikel yang berhubungan dengan tumor otak. Mulai dari penyebab, gejala awal dan proses penyembuhan.
Dengan sangat menyesal, gejala-gejala itu sangat familiar. Bahkan ibu sudah merasakannya sejak lima tahun yang lalu. Hanya saja ibu menganggap remeh gejala tersebut.

Agar Anda lebih waspada dan bisa melakukan pencegahan tumor otak sejak dini, saya akan menjelaskan sedikit mengenai penyakit tumor otak tentang gejala dan penyebabnya.

Tumor otak adalah  penyakit kronis di mana terdapat sel-sel  abnormal yang tumbuh di otak. Untuk jenis tumor otak sendiri dibagi menjadi dua yaitu tumor otak yang tergolong jinak dan tumor otak yang ganas atau kanker.
Bisa disebut jinak biasanya masih berada di stadium awal yaitu stadium satu dan dua. Sedangkan tumor yang tergolong ganas atau kanker biasanya sudah berada pada stadium tiga dan empat. Jika sudah disebut ganas jalan satu-satunya adalah melakukan pembedahan atau pengangkatan penyakit tersebut.  Tumor otak juga tidak memandang usia. Baik usia tua maupun muda kemungkinan bisa terserang, oleh karena itu lebih waspada dan menjaga pola hidup sehat.

Untuk gejala tumor otak sendiri  bisa berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Biasanya gejala yang muncul bisa dipengaruhi oleh ukuran, kecepatan dan lokasi tumor.
Tumor yang tumbuh secara perlahan-lahan memang  awalnya tidak muncul gejala apa pun. Tetapi Setelah beberapa lama, tumor akan memberi tekanan pada otak yang menyebabkan munculnya gejala. Seperti :
  1. Kepala Pusing
Mengalami pusing pada kepala terlalu sering yang mana bisa membangunkan Anda sewaktu tidur dan terjadi berulang-ulang diduga mengidap penyakit tumor otak. Biasanya terjadi di pagi hari, besoknya di siang hari, dan keesokan harinya di malam hari. Segera periksa ke dokter jika Anda mengalami gejala seperti di atas.
  1. Mual dan Muntah
Biasanya mual dan muntah penyebabnya adalah asam lambung meningkat, keracunan, dan gangguan emosi atau stress. Namun, ada ciri khusus bagi Anda yang terkena tumor otak yaitu mual dan muntah disertai pusing terjadi di pagi hari dan ada cairan berwarna kehijauan yang keluar.
3. Sulitnya Konsentrasi
Gejala tumor otak juga bisa ditandai dengan sulitnya berkonsentrasi. Ini dikarenakan sel tumor telah menghambat daya ingat seseorang. Selain sulit berkonsentrasi, daya pikir dan daya untuk mengendalikan anggota badan juga terganggu. Akan terjadi ketidakseimbangan antara  otak dan anggota badan.
4. Kejang
Selain kepala pusing, kejang juga termasuk gejala umum pada tumor otak. Kejang-kejang sendiri merupakan gangguan yang terletak di otak. Sehingga bisa disimpulkan, jika penderita tumor otak baik stadium awal maupun stadium akhir mengalami kejang-kejang itu dikarenakan ada penyumbatan aliran darah di otak yang terhalang oleh jaringan lain(tumor otak).
5. Penglihatan dan Pendengaran Menurun
Jika Anda sudah divonis menderita tumor otak, Anda akan mengalami gangguan pada penglihatan seperti pandangan mata mulai samar. Selain itu pendengaran juga mulai terganggu dan menurun drastis.

Nah, itulah beberapa gejala-gejala umum pada tumor otak yang sering ditemui. Jika Anda mengalami salah satu hal di atas, sebaiknya segera periksa ke dokter sebelum semuanya terlambat.

Sedangkan untuk penyebab dari tumor otak belum diketahui lebih jelasnya sampai saat ini. Hanya saja terdapat beberapa faktor seseorang bisa terkena tumor otak yaitu faktor keturunan dan efek samping dari radioterapi.

Dan untuk mengobatinya, tumor otak yang sudah di ketahui sejak dini akan lebih mudah penangananya. Karena tumor otak biasanya tidak menyebar dan hanya diam di satu tempat saja. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan tumor otak akan menyebar dan tumbuh lebih besar apabila tidak segera ditangani. Dan jalan satu-satunya ketika tumor otak sudah parah akan dilakukan pengangkatan tumor atau operasi agar tumor  tidak muncul kembali.

Jika Anda sayang dengan kesehatan, waspadalah sejak dini. Sering mengalami pusing kepala segeralah periksa ke dokter. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Jangan sampai seperti saya, menyesal dengan menuruti perintah ibu yang mana selalu ketakutan ketika diajak cek ke dokter. Justru sekarang akibatnya tumor otak sudah menyebar. Oleh karena itu, melakukan pengangkatan tumor menjadi alternatif agar ibu bisa sembuh dan sehat seperti sedia kala.

Semoga bermanfaat. Jaga kesehatan Anda dengan pola hidup sehat.

Sumber : http://www.alodokter.com/tumor-otak

Rabu, 06 September 2017
Manfaat Menakjubkan Sayuran Bayam

Banyak orang mengira untuk mendapatkan makan  sehat makan enak itu harus butuh biaya yang mahal, padahal sebenarnya tidak. Tahukah Anda? Makanan sehat dan enak itu sebenarnya sangat mudah kita dapatkan di sekitar kita. Seperti contohnya Bayam.

Bayam merupakan menu makan enak makan sehat yang murah meriah. Kita bisa mendapatkannya di mana saja dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu, manfaat bayam juga banyak sekali untuk kesehatan dan kecantikan.

Nah, buat Anda pecinta sayuran khususnya sayuran bayam, bisa di simak nih beberapa manfaat yang menakjubkan dari bayam. Diantaranya :
  • Melawan Sel Kanker
Berdasarkan penelitian terdapat 13 flavanoid pada sayuran bayam. Kandungan flavanoid yang cukup tinggi dalam sayuran ini bermanfaat sebagai anti kanker. Dengan mengkonsumsi sayuran bayam secara rutin, beberapa penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker kulit, kanker prostat dan  kanker rahim, tidak dapat lagi melakukan pembelahan sel kanker di dalam tubuh. Sehingga kanker yang tadinya ganas bahkan termasuk penyakit yang sangat ditakuti tidak dapat berkembang dan menggerogoti tubuh manusia lagi.
  • Menjaga Kesehatan Mata
Ternyata selain untuk melawan kanker, bayam juga memiliki kandungan karotenoid dan Vitamin A yang bermanfaat untuk mencegah penyakit katarak dan degenerasi manula. Dengan konsumsi bayam secara teratur bisa menjaga kesehatan mata dengan baik.
  • Menurunkan Tekanan Darah tinggi
Kandungan kalium pada sayuran bayam yang tinggi, bisa membantu menstabilkan tekanan darah. Selain itu juga bisa untuk melemaskan pembuluh darah agar aliran darah bisa stabil dan lancar.
  • Mencegah Diabetes
Zat magnesium yang terkandung dalam sayuran bayam bisa membantu menstabilkan gula darah. Lakukan konsumsi bayam setiap hari, ya.
  • Menurunkan Berat Badan
Bagi Anda yang mengalami masalah pada berat badan, sayuran ini sangat recommended di konsumsi setiap hari. Karena bayam merupakan sayuran yang mengandung banyak serat. Serat di sini bisa untuk membantu pencernaan dan mencegah sembelit. Pencernaan bagus akan menunjang program diet Anda.

Itulah beberapa manfaat sayuran bayam untuk kesehatan. Sedangkan untuk kecantikan, bayam juga banyak sekali manfaatnya. Diantaranya:
  • Menghilangkan Jerawat
Duh.. ngomongin soal jerawat jadi bikin baper, ya. Apalagi anak muda zaman sekarang, jerawat tumbuh satu saja di hidung sudah bingung nggak karuan. Hehehe…
Beruntungnya jika Anda yang memiliki kulit sensitif terus mudah di tumbuhi jerawat, lalu Anda juga pecinta sayuran bayam. Yuk, dibikin obat saja. Karena bayam memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu melawan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Caranya Anda bisa meracik bayam sebagai salad sayuran atau dibikin jus segar tanpa es. Yang penting saat konsumsi, sayuran bayam dalam keadaan segar. Simple banget, kan? Alami pula obat jerawatnya. Jadi tidak perlu khawatir tidak cocok atau bakalan tambah parah jerawatnya. Dijamin tanpa efek samping dan makin sehat malah.
  • Mencegah Penuaan Dini
Salah satu penyebab penuaan dini adalah seringnya wajah terkena oleh radikal bebas. Nah, efek dari radikal bebas ini akan berdampak pada kesehatan kulit seperti garis halus dan kerutan akan nampak lebih nyata. Dan sayuran bayam yang mempunyai kandungan vitamin C cukup banyak mampu menangkal radikal bebas tersebut. Sehingga jika Anda mengkonsumsinya secara teratur, kulit Anda akan terhindari dari penuaan dini.
  • Mengobati Inflamasi kulit
Apa sih itu inflamasi kulit? Inflamasi kulit adalah semacam peradangan yang terjadi pada kulit. Seperti jerawat, iritasi dan juga sengatan matahari. Nah, ketika Anda terkena masalah ini disarankan untuk mengkonsumsi sayuran bayam sebagai menu yang wajib ada untuk dimakan sehari-hari. Kenapa? Salah satu alasannya adalah inflamasi kulit bisa disembuhkan dengan sering mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin A, C dan E. Dan sayuran bayam mempunyai kandungan itu semuanya.

Nah, itulah beberapa manfaat menakjubkan dari bayam untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat, ya.



Sabtu, 02 September 2017


FAKTA UNIK TENTANG POLA PIKIR PRIA DAN  WANITA

Sering ya mendengar bahwasannya  pria dan wanita itu berbeda. Bahkan sejak lahir perbedaan antara pria dan wanita itu sudah ada. Betul?
Dan uniknya lagi perbedaan ini bukan hanya tentang anatomi tubuh saja, melainkan juga pola pikir, karakter, serta sisi emosional antara pria dan wanita yang jelas tidak bisa disamakan.

Tapi tahukah Anda? Meskipun pria dan wanita itu banyak perbedaan, yang terkadang suka berbenturan, akan tetapi perbedaan tersebut kadang saling mendukung, kadang juga saling mengisi satu sama lain. Betul?

Nah, dari beberapa perbedaan di atas, saya ingin mengulas sedikit tentang fakta mengenai pola pikir antara pria dan wanita. Yuk simak!

  • MULTITASKING
Bicara soal Multitasking tentu disini wanita lah ahlinya. Dimana wanita adalah sosok yang bisa melakukan banyak hal dalam satu kesempatan. Misalnya, sambil baca buku bisa sambil telfon juga, memasak di dapur sambil ngepel, maskeran sambil nyuapin si kecil.
Dan hal ini pria tidak suka melakukannya. Karena Pria lebih suka fokus pada satu hal saja dan bukan banyak hal tapi berujung berantakan.
  • BAHASA
Dalam segi bahasa wanita juga lebih unggul daripada pria. Bahkan bisa bisa disebut multibahasa. Berbagai macam bahasa dari bahasa lokal, bahasa internasional, bahasa gaul, sampai bahasa kalbu. Wanita bisa lebih cepat mempelajarinya dibanding pria.
Sementara pria memang bukan termasuk orang yang cepat memahami bahasa. Mereka cenderung lambat dalam hal bahasa.
  • BERBOHONG
Pernah melihat drama komedi “suami takut istri?”.Ya, di sinilah perumpamaannya. Pria itu tidak pernah bisa berbohong di depan wanita. Mengapa? Karena insting wanita itu tajam, selalu bisa membaca dan menganalisa kebohongan pria dari bahasa tubuh, dari kata yang diucapkan serta dari wajah. Itulah kenapa pria tidak berani berbohong saat face to face. Sedangkan wanita paling pintar dalam kebohongan. Dan sayangnya para pria tidak bisa mengendusnya. Istilah kerennya white lies atau black lies.
  • CARA MENGENDALIKAN EMOSI
Dalam mengendalikan emosi, wanita sering meluap-luap. Tanpa berpikir dua kali untuk mengutarakan isi hatinya. Langsung to the point saja. Dan begitu juga Pria meski dalam menyelesaikan masalah sangat teliti dan menggunakan logika, tapi kalau sudah urusan hati dan emosi, kadang pria bertindak tanpa berpikir juga.
  • HARAPAN
Kebanyakan harapan wanita itu sederhana. Mereka hanya menginginkan perhatian, hubungan yang hangat, keluarga dan pertemanan. Itulah kenapa wanita selalu mengajarkan kesederhanaan, dan berbagai hal yang berhubungan dengan emosi pria. Sedangkan seorang pria mempunyai visi besar,  karenanya harapamnya juga tinggi. Dari mereka menginginkan kesuksesan, status, proses hidup yang besar dan solusi. Wajar sih menurut saya karena pria adalah pemimpin selain tegas juga harus mengajarkan perjuangan kepada wanita.

Itulah beberapa fakta unik mengenai pola pikir pria dan wanita, mungkin sekilas memang banyak perbedaan dari keduanya. Padahal tidak seperti itu juga, lho. Justru dari beberapa perbedaan tersebut antara pria dan wanita bisa saling intropeksi diri, mengakui kekurangan, dan mencari kesesuaian serta titik temu yang merupakan awal untuk menghasilkan hubungan yang harmonis.