Serba-serbi kehidupan di mata Malica

PANTAI KUTANG, SURGA TERSEMBUNYI YANG MASIH PERAWAN

Sabtu, 29 Juni 2019



Namanya unik, ya! kok bisa Pantai Kutang? Adakah sejarah yang mendasari nama tersebut?

Sebelum acara liburan lebaran kemarin, sebenarnya saya sudah pernah jalan ke Pantai Kutang ini bersama ayahnya anak-anak. Dulu banget sih, sekitar tahun 2009 silam kalau nggak lupa.

Waktu itu, kami berkunjung ke Pantai Kutang dalam rangka penelitian untuk bahan skripsi ayahnya anak-anak yang berhubungan dengan budidaya ikan Kerapu. Dulunya, lokasi Pantai Kutang Lamongan ini ramai dengan budidaya Ikan Kerapu yang menjadi sumber pencaharian rata-rata penduduk di desa Labuhan, tepatnya kecamatan Berondong, kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Angka penjualannya tidak bisa dibilang murah karena hasil dari budidaya ikan Kerapu ini akan dijual ke luar negeri. Jadi bisa dibayangkan bukan budidaya Ikan Kerapu sangat menjanjikan kala itu. Namun lain halnya sekarang, entah menurun atau meningkat penjualan ikan Kerapu  di desa tersebut, saya pun tidak begitu paham. Kelihatannya sih ikan Kerapu tetap menjadi primadona, mungkin hanya saja tidak setenar dulu di masa kejayaan.

Kini justru yang lebih kondang dari desa Labuhan ini adalah hadirnya Pantai Kutang Lamongan. Nama yang terbilang cukup unik ini ternyata mampu mengundang rasa penasaran banyak orang.

Terletak di kawasan pesisir pantai utara pulau jawa, pantai ini terbilang memiliki ombak yang kecil. Jadi sangat aman sekali untuk berlayar. Selain itu, pantai Kutang juga menyajikan panorama yang cukup menganggumkan. Bukan hanya menawarkan spot keren untuk berfoto ria, tetapi juga sangat indah untuk acara pre-wedding dan liburan santai keluarga. Dengan background lautan yang biru dan indah, dijamin bakal bikin kamu ketagihan untuk berkunjung kembali ke sini, lho!

Lantas, kenapa bisa dinamakan Pantai Kutang? 


Konon berdasarkan sejarah dan cerita para penduduk di sana, entah benar atau tidak, Pantai Kutang Lamongan ini dulunya sebagai tempat nongkrong pasangan muda-mudi. Dan setelah beranjak pulang, mereka akan meninggalkan jejak pakaian dalam wanita atau bra di pantai. Inilah menjadi salah satu sebab pantainya menjadi kotor, tidak  terawat, dan kumuh. Sebab, pakaian dalam tersebut tak jarang akan tersangkut di pohon mangrove di tepi pantai atau berserakan di pinggiran pantai.

Pemandangan pantai yang harusnya enak dilihat tapi justru membuat risih, akhirnya beberapa warga sekitar berinisiatif membersihkan pantai tersebut dari sampah dan pakaian dalam wanita yang terbuang sembarangan. Tak lama kemudian, nama Pantai Kutang Lamongan ini melambung dengan cepat. Dari sinilah awal permulaan penamaan Pantai Kutang Lamongan.

Meski terdengar cukup aneh dari panggilan nama tempat, Pantai Kutang menawarkan beberapa spot keren yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Antara lain:

Pesona Panorama Laut 

www.malicaahmad.com


Pertama kali sampai di Pantai Kutang Lamongan ini, saya dan keluarga langsung disambut oleh pemandangan laut lepas terbentang luas. Cukup gersang karena di sekitar pantai tidak di kelilingi oleh pepohonan. Tampak beberapa warung berjejer di bagian pintu masuk, tempat parkir, dan aneka penjual camilan. Tapi ketika kamu berjalan lebih jauh, sudah tentu akan disambut oleh keindahan pantai yang teramat menakjubkan. Pokoknya, pesona keindahan pantainya tak terbantahkan.

Geladak Kayu



Tak heran jika Pantai Kutang Lamongan ini cepat popular di kalangan nusantara. Ada jembatan kayu yang dibangun cukup panjang sebagai penghubung jalan dari lokasi parkir menuju ke Pantai. Jadi sebelum melihat keindahan Pantai Kutang sebenarnya, kamu akan dimanjakan oleh sensasi jalan-jalan di atas jembatan dengan angin sepoi-sepoi. Kamu juga mengambil foto bersama pasangan atau keluarga dengan spot keren yang tak kalah intagramable dengan background lautan lepas yang tenang, langit biru, dan pemandangan hutan mangrove yang rimbun.

Hutan Mangrove Mengelilingi Pantai





Pantai Kutang Lamongan merupakan salah satu pantai yang memiliki pemandangan cukup eksotis karena di area sekitar pantai di kelilingi oleh hutan mangrove. Pemandangan laut yang cukup asri dan memanjakan mata. Selain itu, adanya hutan mangrove di pantai ini menjadi nilai lebih dengan jenis pantai lainnya di sekitar Lamongan. Sebab background hutan bakau yang lebat dan memukau kerap dijadikan spot kece untuk berfoto.

Ayunan


IG : @Lamongantourism
Spot keren lainnya yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Pantai Kutang Lamongan adalah ayunan di pinggir pantai yang terhubung langsung dengan pemandangan laut lepas. Sangat cocok sebagai tempat bermain anak-anak karena keadaan laut cukup tenang.

Selain itu, ada lagi ayunan lain yang tergantung di pohon mangrove. Terlihat menarik  jika keadaan air laut sedang surut, maka kamu akan dihadapkan langsung dengan keindahan bebatuan pasir, batuan karang yang biasa tertutup oleh air, serta view pantai yang memesona.


Surabaya. tribunnews.com

Senja di Pantai Kutang



IG : @Lamongantourism

Tak dipungkiri, terlihat banyak pengunjung yang datang di sore hari. Sebab ketika sore hari, mereka bisa menikmati langsung keindahan matahari yang mulai tenggelam di peraduan di ujung laut. Semburat warna jingga akan menambah rasa kekagumanmu akan pesona pantai Kutang. Bisa juga dijadikan spot kece saat berfoto dengan latar sunset yang membuat siapa pun tak ingin melewatkan.

Pasir Putih Eksostis



IG : @rakyatlokal

Jangan lewatkan untuk bermain pasir putih saat kamu berkunjung ke Pantai Kutang Lamongan. Berjemur atau duduk-duduk di tepi pantai sambil menikmati tekstur pasir putih yang halus akan melengkapi serunya liburanmu, lho!

Bagaimana? Ternyata banyak surga tersembunyi di pantai Kutang yang terbilang masih perawan, bukan?  Segera berkunjung ke sini, ya. Akses menuju pantai ini cukup mudah kok.  Tidak ada jalan yang berliku dan penuh bebatuan lagi. Hanya saja jalan menuju pantai cukup membingungkan dan kurang strategis karena berada di dalam perkampungan warga.

Untuk harga tiket masuk pun dibanderol cukup murah, yaitu Rp. 2000/ orang. Jadi kamu nggak perlu menguras kantong jika ingin segera berkunjung ke sini.

Kemungkinan saya, anak-anak dan kerabat lainnya akan berkunjung kembali pada liburan tahun depan. Sebab, ombak pantai yang cukup tenang cocok sekali menjadi tempat berenang yang mengasyikkan. Selama berada di sana hampir 4 jam, saya membiarkan anak-anak bermain air sesuka hati. sampai-sampai mereka nagih tak ingin berhenti.

Yuk, jadikan pantai Kutang destinasi wisata berikutnya saat jelajah ke Lamongan, Jawa Timur, guys! Dijamin, liburanmu akan seru dan tak terlupakan.
19 komentar on "PANTAI KUTANG, SURGA TERSEMBUNYI YANG MASIH PERAWAN"
  1. view-nya cantik. Namanya unik menggelitik. kalau bener sejarahnya emang gitu, syukurlah pantai ini sekarang jadi bersih dan menarik, ya. letaknya jauh gak, dari pusat kota Lamongan?

    BalasHapus
  2. Lamongan punya pantai secakep ini..duh mupeng akuuu, birunya laut, spot IGabke dan senjanya. Kerennyaa
    Pantai Kutang memang bisa jadi idola baru wisata nii
    Dan Alhamdulillah pengelolaannya pun sudah bagus..tinggal dijaga saja kebersihan dan kenyamanan oleh pengun jungnya

    BalasHapus
  3. Pantainya indah sekali, nama pantainya unik...

    BalasHapus
  4. Pemandangannya cantik bangeett, tapi kok namanya gt ya, haha ... Jadi nambah referensi nih kalo lamongan gak cuma WBL doang yaa..

    BalasHapus
  5. Duuuh...mbok ya ganti nama...Mana tempatnya di Kecamatan Brondong pula...wkwkwkw...Itu ayunan di atas air yah. Btw...antri gak kalau musim liburan? Pengen dpt spot kece...

    BalasHapus
  6. Wah, mau nyaingi WBL nih, mantap. Semoga semakin gencar promo untuk Pantai Kutang ini ya, MBak. Biar perkembangannya juga menggembirakan sehingga ada alternatif selain WBL kalau lagi ke Lamongan.

    BalasHapus
  7. kayak aneh sih nama pantainya tapi justru jadi menarik ya, pasti banyak yang kepo jadinya dengan sejarahnya dulu. Di mana pun panorama laut selalu indah ya. Pantai Kutang juga begitu memesona...

    BalasHapus
  8. Namanya itu lho, jadi bikin penasaran. Saya selama ini belum pernah ke Lamongan. Penasaran juga dengan kota ini. Oh ya, pantainya kelihatan cantik. Jadi kerasa nggak nyambung dengan namanya.

    BalasHapus
  9. Noted lagi bagian destinasi nanti, walau sejarahnya kelam, semoga kini bisa mengedukasi dan jauh dari sejarahnya yaaa

    BalasHapus
  10. senjanya cantik banget ya mbak,dengan hamparan pantai putih dan luasnya biru laut, apalagi tiket masuk cuma 2k/orang itu murah banget, mau jalan2 ke pantai ga mesti mahal,

    namanya memang unik, bisa mengundang orang untuk berwisata di pantai ini, dan kalau sejarah namanya sendiri,,, hmmm saya antara yakin tidak yakin sih sebenarnya

    BalasHapus
  11. Pengen foto diayunannya hehe...galfok sama namanya mba 😂

    BalasHapus
  12. ternyata asal nama yang unik itu gegara gejolak kawula muda toh hahaha, sungguh menarik ya pantai ini, banyak spot foto yang instagramable

    BalasHapus
  13. waaahh cantik banget pantainyaaaa, namanyaaa itu kira-kira bisa diganti gak? biar secantik pantainyaaa ��

    BalasHapus
  14. Pantai yang cantik dengan nama yang unik. Hope someday menjejakkan kaki juga di sana..

    BalasHapus
  15. kalo ke pantai..paling senang dengan pesona sunset atau sunrise mbak...nama pantainya lucu hehehehe

    BalasHapus
  16. Haha iya ya nama pantainya unik ternyata cerita dibalik namanya karena dulu banyak yang suka tinggalkan kotoran berupa pakaian wanita. Aneh ya.. tapi syukurlah pantai tersebut sekarang jadi lebih terawat dan mengundang banyak wisatawan. Btw saya naksir juga nih foto di ayunannya. Hehe

    BalasHapus
  17. Wah namanya unik skali ternyt mmg punya cerita. Smg skrg tk ada yg mninggalkn jejsk dgn kutamg ayau pakaian dkm itu ya mb. Mg2 pntai jd bersih biar bnyk yg berkunjunh.

    BalasHapus
  18. Lucu juga namanya ya mba.. Keren ada wisata mangrove juga

    BalasHapus
  19. Wuihh, pantainya cakep banget mbaaa. Baru tahu di Lamongan ada pantai bagus kayak gini. Langsung masuk wishlist nih buat mudik nanti hihii

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9