Serba-serbi kehidupan di mata Malica

Kenapa Anda Harus Menulis

Rabu, 08 November 2017


Jika ada pertanyaan “Kenapa Anda harus menulis,” saya yakin alasannya pasti beragam. Ada yang menulis untuk terapi jiwa, menulis bikin candu, menulis buat berbagi dan lain sebagainya. Benar sekali alasan-alasan di atas, bahkan juga saya sangat setuju. Karena memang menurut saya pribadi menulis itu asyik dan menyenangkan.

Tapi alangkah baiknya sebelum memberikan alasan kenapa anda harus menulis, sebaiknya perlu ditelaah ulang sebenarnya motivasi apa yang membuat anda ingin menulis. Jangan hanya karena sekedar ikutan temannya, akhirnya menulis hanya musiman. Waktu mood bagus rajin banget menulis sedangkan pas moodnya gak bagus berhenti menulis dengan alasan takut stuck ide alias kehabisan ide dll. Enggak banget kan?

Padahal yang namanya ide itu banyak. Apapun yang ada di sekililing kita bisa dijadikan ide untuk menulis. Apa yang kita lihat, apa yang kita rasakan, apa yang diomongkan orang, keadaan pas baper dll, itu bisa jadi bahan untuk menulis. Oleh karenanya, istilah kehabisan ide untuk proses menjadi penulis yang kreatif dan berbakat harus dihilangkan.

Jadi, motivasi di sini sangatlah penting untuk menunjang karir kita dalam kepenulisan ke depannya, ya. Ingin menjadi penulis hebat, maka motivasi diri anda dari sekarang. Nah, Lantas apa alasan saya pribadi kenapa harus menulis?

Ada beberapa alasan yang mengharuskan saya untuk menulis, diantaranya:

1. Menulis Untuk Terapi Jiwa

Saya pernah mendengar menulis itu bisa untuk terapi. Sebelum praktik sih saya kurang yakin apa benar bisa untuk terapi beneran. Tapi saya coba saja teori tersebut, dan memang benar menulis bisa untuk terapi khususnya jiwa kita. Kenapa saya bilang jiwa? Karena ibu rumah tangga seperti saya dengan aktivitas rumah yang lumayan padat, pasti akan merasakan yang namanya jenuh, kadang juga depresi, emosi tidak stabil dan hal lain yang mudah membawa kita dalam keadaan yang tidak mengenakkan. Nah, untuk mengatasi semua masalah-masalah tersebut, cobalah untuk menulis. Tuliskan apa saja yang menggangu dalam jiwa dan  ekspresikan diri dengan bebas. Saya yakin pasti anda akan merasakan hal positif setelah melakukan hal tersebut. Misal, perasaan anda akan lebih tenang dan beban di pikiran juga berkurang. Namun sedikit catatan, boleh menuliskan semua beban akan tetapi tidak perlu diekspos di sosial media ya. Karena sejatinya masalah pribadi bukan untuk dinikmati publik, cukuplah diri kita sendiri dan Tuhan yang tahu. Insyaallah akan lebih baik.

2. Menambah kreativitas
Secara tidak langsung dengan kita rajin menulis, akan banyak ilmu, informasi, penemuan terbaru yang didapat. Dengan begitu pemikiran kita akan lebih kreatif, lebih kritis, bahkan bisa jadi mempunyai keinginan agar bisa menelurkan sebuah karya tulisan yang bisa menginspirasi banyak orang. Sangat asyik bukan?

3. Menulis untuk kas pendapatan
Pasti kita tahu ya, semakin majunya teknologi sekarang ini, sangat memudahkan kita untuk mendapatkan penghasilan dari media sosial. Salah satunya adalah dengan menulis. Ini hal yang menyenangkan menurut saya, modalnya ringan dengan hasil yang cetar. Contohnya, menulis buku. Entah itu tulisan karya pribadi atau karya bersama yang penting bisa lolos ke penerbit. Setelah lolos kita akan mendapatkan royalty dari hasil penjualan karya kita. Enak ya? Uang masuk kantong tanpa harus berpanas-panas ria. Tapi harus benar-benar kerja keras yang ini. Hehehe
Ada lagi seperti menulis artikel di blog, menulis artikel bisnis dan menulis yang di kirim ke media-media cetak, itu juga bisa menjadi tambahan pendapatan. Walaupun tidak banyak, tapi setidaknya ada rasa bangga bahwa tulisan kita ternyata bermanfaat.

4. Menulis untuk berbagi manfaat dengan banyak orang
Saya yakin tujuan seseorang ingin menjadi seorang penulis salah satunya adalah karyanya bisa bermanfaat untuk orang lain.
Sederhana saja, dengan menuliskan pengalaman hidup kita atau orang lain yang cukup bisa menginspirasi sudah bisa memberikan pencerahan pada saudara kita yang sedang ada masalah. Bisa juga dengan sekedar status motivasi di Facebook, sangat bermanfaat bagi pembacanya untuk menjadi lebih baik lagi.

5. Menulis bikin awet muda
Percaya atau tidak menulis itu bisa bikin awet muda. Bagaimana tidak, seseorang yang memutuskan untuk rajin dan konsisten menulis pasti akan selalu berpikiran positif agar ide selalu mendekat padanya. Dan oang yang selalu berpikiran positif terus dalam hidupnya cenderung tidak gampang menyerap hal-hal yang negatif. Mereka lebih mengabaikan daripada menerima dengan hati. Nah, dengan begitu tidak cepat tua karena tidak memikirkan hal yang tidak perlu untuk dipikirkan.

Sepertinya cukup 5 hal saja yang menjadi alasan kenapa saya harus menulis. Semoga bermanfaat buat teman semuanya.





4 komentar on "Kenapa Anda Harus Menulis"
  1. Setuju ..Apalagi poin terakhir itu. Menulis bikin awet muda. Siapa juga yang nggak mau kelihatan lebih muda dari usianya yaaa..hahaha:D
    TFS

    BalasHapus
  2. Menulis buat saya untuk bersenang-senang dan menambah ilmu. Menjaga diri saya untuk tetap membaca banyak karya tulis orang lain. Karena kalau tidak membaca tidak bisa menulis.

    BalasHapus
  3. Klau saya, alasan saya menulis no 4. Cuma pengen berbagi aja. Sayang rasanya ilmu kuliah pendidikannya, pengalaman ngajarnya n ilmu dari seminarnya. Cuma dipake buat sendiri. Akhirnya saya buat blog berniche parenting. Ttp saya bner2 brharap bisa trus menjaga niat utama ini. Aaaminnn ��

    BalasHapus
  4. Keren 5 alasannya, Mbak Malica.
    Dan ini sangat bagus jadi motivasi agar terus semangat menulis.

    Sayangnya, banyak teman menulis, karena melihat keberhasilan orang lain. Misalnya saat teman ceritanya dimuat di media, langsung ingin menulis. Jadi sekedar ikut-ikutan dan sekedar coba-coba. Jadi kalau tak berhasil, ya, kan sekedar coba-coba hehehe.

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9