Serba-serbi kehidupan di mata Malica

4 Hal Istimewa yang dimiliki Anak Pertama

Minggu, 12 November 2017
Emak, pernahkah berfikir bahwa anak pertama itu lain daripada yang lain? Menjadi anak pertama memang bisa dikatakan berbeda dengan yang lain ya Emak. Hal ini mungkin karena anak pertama dilahirkan untuk pertama kalinya, sehingga orangtua masih memperlakukannya secara istimewa.

Tetapi perlakuan istimewa tersebut akan terlihat berbeda ketika anak pertama sudah memiliki adik. Secara tidak langsung kasih sayang orangtua akan terbagi.
Dan anak pertama pun akan mulai diajarkan bagaimana harus berbagi, mengayomi, dan melindungi adik-adiknya.

Namun tahukah Emak, bahwa anak pertama memiliki keistimewaan dan keunggulan dibandingkan anak lainnya? ada beberapa hal yang patut dibanggakan pada anak pertama yang tidak diketahui banyak orang.

1 . Bersikap dewasa lebih dini

Sebagaimana kedudukannya karena dilahirkan menjadi anak pertama mau tidak mau dia harus terpaksa bersikap dewasa untuk menjaga keharmonisan dalam keluarga. Memang masa ini sedikit berat, karena kasih sayang orangtua terbagi. Akan tetapi terlepas dari kondisi seperti itu, biasanya anak pertama memilih untuk bersikap dewasa lebih dini.

2. Memiliki rasa sosial yang tinggi dan penyayang

Yang satu ini patut diacungi jempol. Kebanyakan anak pertama itu cenderung tidak egois, tetapi malah sebaliknya jiwa sosialnya tinggi yang mana  lebih mementingkan kepentingan orang lain daripada individu. Selain itu juga lebih sering mengalah dan penyayang terlebih pada adik-adiknya. Mungkin ini merupakan naluri alami yang dimiliki anak pertama karena sudah terlatih untuk  bertanggungjawab dari kecil menjaga adik-adiknya.

3. Anak pertama merupakan orang yang kreatif

Memang benar jika kreativitas seseorang tidak berdasarkan pada urutan kelahiran. Akan tetapi jika diperhatikan, rata-rata anak pertama tingkat kreativitasnya lebih tinggi dibanding anak lainnya.
Dan faktanya kreativitas anak pertama terbentuk karena sejak kecil mereka sudah terbiasa menyelesaikan masalah atau problem solving yang handal. Oleh karena itulah anak pertama istimewa.

4. Memiliki jiwa kepemimpinan yang hebat

Mereka yang terlahir menjadi anak pertama biasanya memiliki naluri memimpin yang menonjol. Jiwa pemimpin ini tumbuh secara otomatis ketika mereka diberikan tanggungjawab mengawasi dan menjaga adik-adiknya.
Dan sifat pemimpin ini sebaiknya diarahkan ke hal yang benar. Misal orangtua bisa memberikan pengetahuan tentang kemampuan dalam memimpin dan pelajaran mengenai kepemimpinan. Dengan begitu anak pertama akan menjadi calon pemimpin yang hebat bagi keluarga, masyarakat bahkan sebuah negara.
Nah, Emak itulah kenapa anak pertama bisa dikatakan istimewa dibanding anak lainnya. Keistimewaan mereka terbentuk secara alami berdasarkan pengalaman hidup yang mengharuskan mereka mandiri. Semoga kita para orang tua senantiasa dimampukan mendidik anak-anak yang istimewa.

1 komentar on "4 Hal Istimewa yang dimiliki Anak Pertama"
  1. iya benar, Mbak..anak pertama saya juga sangat mengayomi adiknya, apalagi jarak usianya hampir 5 tahun..Semoga kelak dia selalu bisa menjadi teladan bagi adiknya juga

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9