Menilik Pesona Museum Puri Lukisan Ubud Bali

By Malica.com - October 11, 2017

      

It’s a paradise! Mungkin kata itulah yang terucap ketika Travel Lovers pertama kali berkunjung ke pulau Bali. Kota yang pesona alamnya sangat memukau dan memikat para wisatawan.
Mungkin bagi Travel Lovers sendiri ketika berbicara tentang pesona alam di Bali pasti yang paling membekas dalam pikiran adalah pantai Kuta dan Sanur. Bagaimana tidak, dua pantai itu tidak pernah membosankan untuk dikunjungi memang. Namun, Travel Lovers juga wajib tahu ada Museum Puri Lukisan yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi di Bali. Hebatnya, Museum puri lukisan di Ubud juga yang membuat Bali terkenal sampai penjuru dunia. Keren, kan?
Nah, agar tidak semakin penasaran dengan Museum Puri Lukisan Ubud Bali ini, yuk, simak ulasan di bawah ini!

A. Sejarah Museum Puri Lukisan Ubud Bali
Tepatnya pada tahun 1936, Rodulf Bonnet, pelukis asal Belanda dan Walter Spices seorang pelukis asal Jerman bersama Raja Ubud Tjokorda Gde Agung Sukawati mendirikan sebuah yayasan yang bernama “Pita Maha” bertujuan untuk mengkoordinir dan mengabadikan karya-karya para seniman di Bali.
Karena organisasi mengalami pasang surut dan krisis akibat perang dunia II, akhirnya pada tahun 1953, dibentuk lagi organisasi baru bernama "Yayasan Ratna Wartha" yang mana tujuannya untuk melanjutkan gagasan dari organisasi Pitamaha terdahulu.
Namun, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya karya seniman di Bali yang  semakin berkualitas hingga mancanegara, Rodulf Bonnet dan Tjokorda Gde Agung Sukawati merancang pembangunan tentang Museum Puri Lukisan. Dan akhirnya pada tanggal 31 Januari 1956, Museum Puri Lukisan telah diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mr. Mohammad Yamin.
Sebenarnya, bukan tanpa alasan kedua tokoh tersebut melakukan pembangunan Wisata Museum Puri Lukisan, selain ingin melindungi karya dari seniman Bali, juga karya mereka bisa diabadikan dalam museum tersebut.
B. Objek Wisata di Museum Puri Lukisan
Nah, setelah Travel Lovers mengetahui tentang sejarah wisata Museum Puri Lukisan Bali, kini saatnya berselancar mengenal berbagai obyek wisata yang ada di sekitarnya. Kira-kira apa sajakah itu?

1. Ubud Monkey Forest
Ubud Monkey Forest adalah kawasan hutan lindung dimana terdapat sebuah pura yang sangat sakral bagi umat Hindu di Bali. Ketika berkunjung ke sini,  Travel Lovers pastinya merasa senang karena disuguhi dengan  pemandangan pohon-pohon yang tinggi, udara sejuk, dan bebas polusi.
2. Agung Rai Museum of Art
Di Museum Agung Rai ini, Travel Lovers bisa melihat beragam koleksi karya master Bali yang sangat luar biasa seperti I Gusti Nyoman Lempad, Ida Bagus Made, dan lain-lain. Selain itu juga bisa menyaksikan pertunjukan teater, musik, dan tari.
3. Ayung Rafting
Ayung Rafting merupakan tempat wisata arum jeram ayung yang sangat cocok digunakan oleh rafter pemula. Di mana suasananya tenang dan tidak berbahaya serta Travel Lovers dapat menikmati pemandangan pepohonan hijau, hamparan sawah, serta perbukitan yang asri dan indah.  
4. Teras Sawah Tenggalang
Ketika Travel Lovers berkunjung ke Ubud, jangan sampai lupa untuk datang di Teras Sawah Tenggalang. Di sini tempatnya sangat indah, hamparan sawah yang berbentuk terasering dan tersusun rapi sangat cocok untuk menyalurkan hobi memotret pemandangan yang indah.  
Itulah beberapa obyek wisata di sekitar Wisata Puri Lukisan di Bali yang wajib Travel Lovers singgahi. Keindahannya sangat menakjubkan, bukan? Semoga bisa menjadi referensi tempat berlibur, ya.

C. Jalan Menuju Museum Puri Lukisan
Letak Museum Puri Lukisan ada di sepanjang jalan utama Ubud, tepatnya di Jl. Raya Ubud, kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Tempatnya sangat dekat dengan lokasi Puri Ubud dan sebuah pusat perbelanjaan terkenal di Bali, pasar seni Ubud. Untuk melihat lokasinya lebih detail, Travel Lover bisa mengaksesnya dengan google map atau lebih baik membawa seorang pemandu wisata sebagai penunjuk jalan. Bagaimana Travel Lovers, sangat mudah bukan jalan menuju Museum Puri Lukisan?

D. Ada Apa di Museum Puri Lukisan
Tempat Wisata di Bali Museum Puri Lukisan merupakan museum tertua. Secara garis besar terdapat beberapa koleksi di dalamya yang dibagi menjadi empat bagian yaitu lukisan wayang kamasan, ukiran kayu, lukisan karya anggota Pitamaha, lukisan karya I Gusti Nyoman Lempad, dan lukisan Bali era modern. Tak hanya itu saja. Lukisan-lukisan tersebut juga dipamerkan dalam beberapa galeri diantaranya Galeri Pitamaha yang mana menyimpan lukisan tradisional modern Bali dari jaman sebelum kemerdekaan serta koleksi I Gusti Nyoman Lempad. Galeri ini terdapat di sebelah utara. Sedangkan Galeri yang kedua adalah Ida Bagus Made. Ia berada di sebelah barat dan menyimpan koleksi Ida Bagus Made. Untuk Galeri yang ketiga adalah Galeri Wayang yang berada di sebelah timur yang menyimpan koleksi lukisan Wayang yang digunakan untuk pameran temporer.
Dan yang terakhir adalah Galeri yang menampilkan informasi sejarah para pendiri Museum Puri Lukisan.

E. Akses ke Museum Puri Lukisan
Saat ini banyak wisatawan yang tertarik dengan Indahnya museum puri lukisan di Ubud. Jadi tidak heran jika banyak Travel Lovers yang berburu ingin berkunjung ke sana. Aksesnya pun cukup mudah karena terletak diantara taman tropis. Tapi sayangnya lahan parkirnya sangat terbatas. Untuk itu Travel Lovers lebih baik naik taksi atau menyewa mobil beserta supirnya ketika pergi ke sana. Sedangkan untuk harga tiket masuk  museum puri lukisan ubud dibandrol 75.000 per orang berlaku untuk usia 15 tahun. Dan untuk usia 15 tahun ke bawah biaya tiketnya gratis, dengan syarat harus ditemani orang tua.

F. Keistimewaan Museum Puri Lukisan
Museum Puri lukisan kabupaten Gianyar ini memang mempunyai banyak keistimewaan. Sebuah museum seni rupa pertama yang dikelola oleh swasta di Bali. Selain itu terdapat juga seni lukis Bali modern dan tradisional. Ada juga seni ukir atau seni pahat yang ukiran kayunya sangatlah unik. Hebatnya, karya seni di atas merupakan hasil karya para seniman asing di Ubud yaitu Rudolf Bonnet, Walter Spies dan Arie Smit. Dan menariknya lagi terdapat seni rupa pada masa awal digagas museum ini di masa Pita Maha. Gimana, Keistimewaanya sangat memikat bukan?

G. Wisata Kuliner di Museum Puri Lukisan
Setelah berkeliling di Museum Puri Lukisan Ubud di Bali, tentunya Travel Lovers merasa lapar. Nah, di dekat museum ada Bridges Cafe yang buka mulai dari pukul 09.00 -18.00. Berbagai menu makanan disajikan mulai dari masakan Asia hingga barat.

H. Keunikan Museum Puri Lukisan
Makna dari Museum Puri Lukisan adalah ‘istana lukisan’. Jadi tidak heran jika koleksi lukisannya sangat lengkap, menarik dan unik. Diantaranya ada yang terbuat dari lukisan batuan Painting, Sanur Painting, Ubud Painting, Wood Carving serta Young artist painting. Nah, karena koleksi lukisan tersebut museum ini dijadikan surga bagi pecinta seni lukis.

Bagaimana? Sangat menarik, bukan?
Bali memang tidak diragukan lagi keindahan alamnya. Bukan hanya wisata alam saja yang bisa dinikmati oleh Travel Lovers, melainkan juga budaya dan sejarahnya. Salah satunya adalah Museum Puri Lukisan Ubud Bali ini yang
mana baik seni lukis dan seni pahatnya terkandung makna sejarah didalamnya.
So, bagi Travel Lovers yang sudah berkunjung ke Bali dan termasuk pecinta seni jangan lewatkan untuk berkunjung ke museum ini.
Semoga ulasan artikel tentang Museum Puri Lukisan Ubud Bali ini bermanfaat dan bisa menjadi tempat rekomendasi Travel Lovers ketika liburan nanti.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments