By Malica.com - September 13, 2017




Catatan Kecil Penyesalan

"Ibu kena tumor otak, Nduk."

Sepenggal kalimat pendek yang sangat membekas dalam ingatan. Saya pikir saat ibu mengucap kalimat tersebut di gawai, saya kira hanya bercanda. Tetapi nyatanya tidak. Inilah kenyataan yang harus saya dan keluarga hadapi.

Penyakit yang tergolong mematikan selain kanker sudah bersarang di dalam otak ibu.
Antara syok dan rasa takut berkecamuk menjadi satu. Rasa panik yang sempat membuat saya kehilangan kendali. Ah, entahlah. Saya sangat parno bagaimana jika sesuatu yang tidak diinginkan bakal terjadi. Naudzubillah

Akhirnya, saya mencoba mencari artikel-artikel yang berhubungan dengan tumor otak. Mulai dari penyebab, gejala awal dan proses penyembuhan.
Dengan sangat menyesal, gejala-gejala itu sangat familiar. Bahkan ibu sudah merasakannya sejak lima tahun yang lalu. Hanya saja ibu menganggap remeh gejala tersebut.

Agar Anda lebih waspada dan bisa melakukan pencegahan tumor otak sejak dini, saya akan menjelaskan sedikit mengenai penyakit tumor otak tentang gejala dan penyebabnya.

Tumor otak adalah  penyakit kronis di mana terdapat sel-sel  abnormal yang tumbuh di otak. Untuk jenis tumor otak sendiri dibagi menjadi dua yaitu tumor otak yang tergolong jinak dan tumor otak yang ganas atau kanker.
Bisa disebut jinak biasanya masih berada di stadium awal yaitu stadium satu dan dua. Sedangkan tumor yang tergolong ganas atau kanker biasanya sudah berada pada stadium tiga dan empat. Jika sudah disebut ganas jalan satu-satunya adalah melakukan pembedahan atau pengangkatan penyakit tersebut.  Tumor otak juga tidak memandang usia. Baik usia tua maupun muda kemungkinan bisa terserang, oleh karena itu lebih waspada dan menjaga pola hidup sehat.

Untuk gejala tumor otak sendiri  bisa berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Biasanya gejala yang muncul bisa dipengaruhi oleh ukuran, kecepatan dan lokasi tumor.
Tumor yang tumbuh secara perlahan-lahan memang  awalnya tidak muncul gejala apa pun. Tetapi Setelah beberapa lama, tumor akan memberi tekanan pada otak yang menyebabkan munculnya gejala. Seperti :
  1. Kepala Pusing
Mengalami pusing pada kepala terlalu sering yang mana bisa membangunkan Anda sewaktu tidur dan terjadi berulang-ulang diduga mengidap penyakit tumor otak. Biasanya terjadi di pagi hari, besoknya di siang hari, dan keesokan harinya di malam hari. Segera periksa ke dokter jika Anda mengalami gejala seperti di atas.
  1. Mual dan Muntah
Biasanya mual dan muntah penyebabnya adalah asam lambung meningkat, keracunan, dan gangguan emosi atau stress. Namun, ada ciri khusus bagi Anda yang terkena tumor otak yaitu mual dan muntah disertai pusing terjadi di pagi hari dan ada cairan berwarna kehijauan yang keluar.
3. Sulitnya Konsentrasi
Gejala tumor otak juga bisa ditandai dengan sulitnya berkonsentrasi. Ini dikarenakan sel tumor telah menghambat daya ingat seseorang. Selain sulit berkonsentrasi, daya pikir dan daya untuk mengendalikan anggota badan juga terganggu. Akan terjadi ketidakseimbangan antara  otak dan anggota badan.
4. Kejang
Selain kepala pusing, kejang juga termasuk gejala umum pada tumor otak. Kejang-kejang sendiri merupakan gangguan yang terletak di otak. Sehingga bisa disimpulkan, jika penderita tumor otak baik stadium awal maupun stadium akhir mengalami kejang-kejang itu dikarenakan ada penyumbatan aliran darah di otak yang terhalang oleh jaringan lain(tumor otak).
5. Penglihatan dan Pendengaran Menurun
Jika Anda sudah divonis menderita tumor otak, Anda akan mengalami gangguan pada penglihatan seperti pandangan mata mulai samar. Selain itu pendengaran juga mulai terganggu dan menurun drastis.

Nah, itulah beberapa gejala-gejala umum pada tumor otak yang sering ditemui. Jika Anda mengalami salah satu hal di atas, sebaiknya segera periksa ke dokter sebelum semuanya terlambat.

Sedangkan untuk penyebab dari tumor otak belum diketahui lebih jelasnya sampai saat ini. Hanya saja terdapat beberapa faktor seseorang bisa terkena tumor otak yaitu faktor keturunan dan efek samping dari radioterapi.

Dan untuk mengobatinya, tumor otak yang sudah di ketahui sejak dini akan lebih mudah penangananya. Karena tumor otak biasanya tidak menyebar dan hanya diam di satu tempat saja. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan tumor otak akan menyebar dan tumbuh lebih besar apabila tidak segera ditangani. Dan jalan satu-satunya ketika tumor otak sudah parah akan dilakukan pengangkatan tumor atau operasi agar tumor  tidak muncul kembali.

Jika Anda sayang dengan kesehatan, waspadalah sejak dini. Sering mengalami pusing kepala segeralah periksa ke dokter. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Jangan sampai seperti saya, menyesal dengan menuruti perintah ibu yang mana selalu ketakutan ketika diajak cek ke dokter. Justru sekarang akibatnya tumor otak sudah menyebar. Oleh karena itu, melakukan pengangkatan tumor menjadi alternatif agar ibu bisa sembuh dan sehat seperti sedia kala.

Semoga bermanfaat. Jaga kesehatan Anda dengan pola hidup sehat.

Sumber : http://www.alodokter.com/tumor-otak

  • Share:

You Might Also Like

0 comments