OBAT HERBAL vs OBAT KIMIA

By Malica.com - April 01, 2017


Emak, Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern dan tekhnologi semakin canggih tentunya semua orang menginginkan apa saja  secara cepat dan instan. Contohnya seperti Obat.  Pada dasarnya jenis obat itu ada dua yaitu obat herbal dan obat kimia yang mana kedua obat itu mempunyai tujuan yang sama yaitu “ Mengobati”.

Tetapi tak sedikit juga kedua jenis obat tersebut membuat bingung ya mak. Bingung mana  pengobatan yang akan digunakan, herbal atau kimia? Adakah perbedaan dari keduanya? Simak yuk ulasan berikut ini:

  1. Obat herbal dari segi harga lebih terjangkau. Sedangkan Obat kimia harga relatif mahal karena faktor impor.
  2. Obat herbal efek samping relatif kecil bahkan ada yang sama sekali tidak menimbulkan efek samping jika digunakan secara tepat. Sedangkan obat kimia efek samping pengobatan sering terjadi khususnya pada jangka panjang tidak baik untuk ginjal dan jantung.
  3. Obat herbal reaksi pada tubuh sedikit lambat, sedangkan Obat kimia reaksinya lebih cepat
  4. Obat herbal cara kerjanya memperbaiki keseluruhan sistem tubuh. Sedangkan Obat kimia hanya memperbaiki beberapa sistem tubuh saja.
  5. Obat herbal cocok digunakan pada penyakit kronis, sedangkan obat kimia cocok digunakan pada penyakit akut

Nah Emak berdasarkan penjelasan diatas jika ditanya mana yang lebih baik obat herbal atau obat kimia? Jawabannya adalah tergantung pada situasi dan kondisi seseorang. Dalam situasi tertentu kadang obat kimia lebih baik digunakan, atau malah sebaliknya. Misal pada kasus darutat seperti pendarahan, menggunakan obat kimia lebih disarankan karena reaksinya lebih cepat dalam mengatasi gejala dan meredam rasa sakit. Sedangkan reaksi obat herbal relatif lebih lambat.

Selain itu Obat herbal dan obat kimia juga bisa digunakan secara bersamaan dan saling mendukung. Dimana obat herbal membantu meningkatkan efektifitas pengobatan sekaligus mengurangi efek samping yang ditimbulkan oleh obat kimia. Pada penyakit yang lebih aman, produk herbal bisa digunakan secara tunggal.Dan jika mau dikombinasikan dengan obat kimia,  tentunya harus ada selang waktu pemakaian antara kedua jenis tersebut. Semoga dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan antara obat herbal dan kimia, kita bisa lebih bijak dalam memilih pengobatan mana yang tepat. 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments